Record Details

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN NASABAH CENTRATAMA NASIONAL BANK SURABAYA

JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN NASABAH CENTRATAMA NASIONAL BANK SURABAYA
 
Creator Wibowo, Bambang Sri; Fakultas Ekonomi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas  Layanan  dan  Citra Merek secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah Centratama Nasional Bank di kota Surabaya serta variabel variabel lain yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa regresi. Hasil dari peneltian ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel layanan (X1) dan variabel citra merek (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah (Y), karena nilai  Sig. dibawah 5%. Berdasarkan hasil analisis determinasi parsial dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa kualitas layanan (X1) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, karena nilai Sig nya sebesar 0.082. Hasil analisis determinasi diperoleh bahwa layanan (X1) dan citra merek (X2) mempunyai pengaruh atau kontribusi paling dominan terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat pengaruh masing-masing sebesar 0.577 dan 0.627. Kenyataan ini merupakan masukan bagi perusahaan untuk lebih meningkatkan kualitas layanannya. Kepuasan nasabah dalam situasi persaingan yang ketat seperti saat ini memiliki nilai yang strategis bagi perusahaan. Kepuasan nasabah akan sangat menguntungkan karena dapat mengurangi biaya pemasaran, memikat nasabah baru, dan memberi waktu untuk bernafas dalam merespon ancaman persaingan. Karena kepuasan nasabah yang tinggi akan mendukung perusahaan dalam  peningkatan laba. Perusahaan harus menanggapi dengan cepat keluhan yang disampaikan nasabah, juga harus memperhatikan dan memberi dukungan yang memadai kepada karyawan dalam menjalankan tugasnya sehingga karyawan dapat memberikan layanan dan kinerja secara maksimal. Menjamin hubungan antar individu, antar perusahaan dengan nasabah secara baik dan terus menerus sehingga nasabah akan selalu menggunakan jasa dan produk Bank CNB.Keywords : Kualitas layanan, Citra merek, Kepuasan nasabah
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2017-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/41
10.30736/jpim.v2i1.41
 
Source JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen); Vol 2, No 1 (2017): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN); 27 Halaman
2621-881X
2502-3780
10.30736/jpim.v2i1
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/41/41
10.30736/jpim.v2i1.41.g41
 
Rights Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat  akses terbuka untuk umum  dan untuk  Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit