Record Details

PENGARUH HARGA KAMAR DAN FASILITAS HOTEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SHANGRILA HOTEL SURABAYA

JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH HARGA KAMAR DAN FASILITAS HOTEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SHANGRILA HOTEL SURABAYA
 
Creator DJ, Yunni Rusmawati; Universitas Islam Lamongan
 
Description Hotel merupakan salah satu alternatif penginapan yang cukup diminati oleh masyarakat pendatang, oleh karena itu harga sangat berpengaruh untuk memikat para konsumen untuk menginap. Dalam dunia pemasaran konsumen adalah faktor utama dalam keberhasilan usaha. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah harga kamar (X1) dan fasilitas hotel (X2) berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen di Shangrila Hotel Surabaya dan variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Shangrila Hotel Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis data sebagai berikut : Uji Validitas, Uji Realibilitas, Regresi Linier Berganda,  Uji t dan Uji F. Dari hasil yang diperoleh dengan uji validitas dengan rtabel sebesar 0,234 dan semua variabel dinyatakan valid karena > rtabel. Uji reliabilitas juga menyatakan reliabel karena > 0,6. Hasil regresi linier berganda Y = 2,988 + 0,541 (X1) + 0,204 (X2), menunjukkan bahwa harga kamar lebih dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Penentuan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan 43% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh harga kamar dan fasilitas hotel, 57% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain (pelayanan, lokasi dan promosi). Hasil uji t menunjukkan harga kamar (5,909) dan fasilitas hotel (2,284) > ttabel (1,955) ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji F menunjukkan Fhitung (27.421) > Ftabel (3,11), ini berarti H0 ditolak Ha diterima. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa harga kamar dan fasilitas hotel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun secara simultan, dan variabel yang paling dominan adalah harga kamar. Kata kunci : Harga Kamar, Fasilitas Hotel, Kepuasan Konsumen
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-02-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/229
10.30736/jpim.v4i1.229
 
Source JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen); Vol 4, No 1 (2019): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN); 889-896
2621-881X
2502-3780
10.30736/jpim.v4i1
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/229/219
10.30736/jpim.v4i1.229.g219
 
Rights Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat  akses terbuka untuk umum  dan untuk  Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit