ANALISA PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERTUMBUHAN WARUNG KOPI DI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISA PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERTUMBUHAN WARUNG KOPI DI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA
|
|
Creator |
Sukatmadiredja, Noneng R; Fakultas Ekonomi
|
|
Description |
Pada era globalisasi ini, perubahan perilaku konsumen menjadi hal yang menarik untuk dipelajari.Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku konsumen berpengaruh pula pada tumbuhnya bisnis warung kopi antara lain faktor kebutuhan, kepribadian dan gaya hidup konsumen atau faktor lain dari konsumen. Dimana pengaruh perilaku konsumen atau masyarakat sekarang lebih suka menghabiskan waktu untuk nongkrong dan begadang atau hangout.Sedangkan bisnis warung kopi ini tumbuh mulai dari warung kopi pinggiran sampai menengah keatas, beragam nama seperti warung kopi giras, coffee shop, kedai sampai angkringan, mulai dari pinggiran jalan, gang bahkan sampai ditempat pusat pembelajaan seperti mall kelihatannya sudah tidak asing lagi kita melihat perkembangan pertumbuhan warung kopi yang begitu pesat dan beragam. Penelitian ini dimaksudkan agar kita mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk berkunjung di warung kopi atau memilih warung kopi sebagai tempat untuk nongkrong. Dengan perubahan perilaku konsumen itulah kenapa sekarang banyak warung kopi bermunculan khususnya kecamatan rungkut, Surabaya.Penelitian ini menggunakan peneltian deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data dilakukan pada naturan setting (kondisi alamiah), sumber data primer dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta, wawancara, dan dokumentasi.Penelitian ini mengobservasi langsung kelapangan dan mewawancarai responden langsung ditempat penelitian.Setelah dilakukan observasi dan wawancara dilapangan ternyata diketahui faktor internal konsumen, faktor eksternal konsumen dan faktor situsional penyebab bertumbuh warung kopi. Faktor internal konsumen meliputi faktor kebutuhan dan motivasi, faktor kepribadian, faktor gaya hidup dan faktor situsional konsumen. Faktor eksternal konsumen meliputi faktor teman, faktor kelompok acuan, dan faktor budaya.Sedangkan faktor situsional warung kopi ini adalah faktor dan fasilitasi warung kopi seperti wifi, pelayananan, parkiran.Dengan perkembangan teknologi dulu warung kopi tidak ada wifinya dan sekarang semakin berkembang dengan adanya Wifi.Bukan hanya fasilitas saja tetapi produk makanan dan minuman, kesesakan, kebersihan dan sirkulasi udara juga mempengaruhi konsumen untuk mau berkunjung di warung kopi tersebut.Tenyata dari faktor-faktor perilaku konsumen itulah yang mempengaruhi bertumbuhnya warung kopi dikecamatan rungkut, Surabaya.Keywords : Perilaku Konsumen, Pertumbuhan, Warung Kopi
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-02-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/45
10.30736/jpim.v2i1.45 |
|
Source |
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen); Vol 2, No 1 (2017): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN); 15 Halaman
2621-881X 2502-3780 10.30736/jpim.v2i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/45/45
10.30736/jpim.v2i1.45.g45 |
|
Rights |
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit
|
|