Record Details

STRATEGI PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN JUDY STRAUSS FRAMEWORK PADA PELAKU UMKM KOTA SURAKARTA DI ERA COVID 19

JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN JUDY STRAUSS FRAMEWORK PADA PELAKU UMKM KOTA SURAKARTA DI ERA COVID 19
 
Creator Akhmad, Khabib Alia; Universitas Duta Bangsa Surakarta
Purnomo, Singgih; Universitas Duta Bangsa Surakarta
 
Subject
 
Description Kondisi pandemik Covid-19 telah mengakibatkan berbagai sektor mengalami goncangan, khususnya berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Hal ini juga berdampak pada para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian suatu negara yang mengalami penurunan penjualan produk. Oleh sebab para pelaku UMKM perlu merubah strategi, diantaranya adalah dengan melakukan perubahan strategi penjualan. Adanya perkembangan teknologi, diantaranya internet dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk, menyebarkan informasi produk serta komunikasi antara penjual dan pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keefektifan strategi pemasaran melalui pemanfaatan internet yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM di Kota Surakarta dikaitkan dengan Teori Judy Strauss Framework, sebuah kerangka rencana kerja yang mencakup perencanaan, penerapan dan evaluasi di dalam membangun sebuah pemasaran secara elektronik (E-marketing). Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui indept interview, observasi, wawancara terstruktur dan FGD. Teknik analisis dengan menggunakan bantuan analisis SWOT dan juga kajian Fenomenologis. Hasil yang didapatkan kegiatan pemasaran secara elektronik yang dilakukan oleh para pelaku UMKM di Kota Surakarta telah memiliki kesamaan dengan Strategic Planning yang dikemukakan oleh Judy Strauss dan Raymond Fisher, walapun di dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran secara elektronik masih memiliki kendala, khususnya kemampuan penguasaan teknologi yang masih terbatas pada pelaku UMKM di Kota Surakarta.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-06-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/754
10.30736/jpim.v6i2.754
 
Source JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen); Vol 6, No 2 (2021): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN); 88-97
2621-881X
2502-3780
10.30736/jpim.v6i2
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/754/pdf_37
10.30736/jpim.v6i2.754.g558
 
Rights Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat  akses terbuka untuk umum  dan untuk  Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit