STRATEGI PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN JUDY STRAUSS FRAMEWORK PADA PELAKU UMKM KOTA SURAKARTA DI ERA COVID 19
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN JUDY STRAUSS FRAMEWORK PADA PELAKU UMKM KOTA SURAKARTA DI ERA COVID 19
|
|
Creator |
Akhmad, Khabib Alia; Universitas Duta Bangsa Surakarta
Purnomo, Singgih; Universitas Duta Bangsa Surakarta |
|
Subject |
—
|
|
Description |
Kondisi pandemik Covid-19 telah mengakibatkan berbagai sektor mengalami goncangan, khususnya berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Hal ini juga berdampak pada para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian suatu negara yang mengalami penurunan penjualan produk. Oleh sebab para pelaku UMKM perlu merubah strategi, diantaranya adalah dengan melakukan perubahan strategi penjualan. Adanya perkembangan teknologi, diantaranya internet dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk, menyebarkan informasi produk serta komunikasi antara penjual dan pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keefektifan strategi pemasaran melalui pemanfaatan internet yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM di Kota Surakarta dikaitkan dengan Teori Judy Strauss Framework, sebuah kerangka rencana kerja yang mencakup perencanaan, penerapan dan evaluasi di dalam membangun sebuah pemasaran secara elektronik (E-marketing). Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui indept interview, observasi, wawancara terstruktur dan FGD. Teknik analisis dengan menggunakan bantuan analisis SWOT dan juga kajian Fenomenologis. Hasil yang didapatkan kegiatan pemasaran secara elektronik yang dilakukan oleh para pelaku UMKM di Kota Surakarta telah memiliki kesamaan dengan Strategic Planning yang dikemukakan oleh Judy Strauss dan Raymond Fisher, walapun di dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran secara elektronik masih memiliki kendala, khususnya kemampuan penguasaan teknologi yang masih terbatas pada pelaku UMKM di Kota Surakarta.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-06-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/754
10.30736/jpim.v6i2.754 |
|
Source |
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen); Vol 6, No 2 (2021): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN); 88-97
2621-881X 2502-3780 10.30736/jpim.v6i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/754/pdf_37
10.30736/jpim.v6i2.754.g558 |
|
Rights |
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit
|
|