ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PADA UKM KACANG MEDE “BAWANG MAS” SURABAYA
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PADA UKM KACANG MEDE “BAWANG MAS” SURABAYA
|
|
Creator |
Lusinta, Aisa Diaz Adhe; Universitas Islam Lamongan
Titin, Titin; Universitas Islam Lamongan Azizah, Luluk Nur; Universitas Islam Lamongan |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis segmenting, targeting dan positioning untuk dapat merumuskan strategi pemasaran global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya dengan menggunakan populasi berupa data faktor internal dan faktor eksternal pada usaha tersebut yang diambil dari 30 responden. Untuk mengetahui seberapa pengaruhnya penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan pada pimpinan usaha UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya. Hasil dari penelitian ini dianalisis segmenting, targeting dan positioning pada usaha ini lalu dilanjutkan dengan metode analisis SWOTAnalisis strategi segmentasi pasar, target pasar dan posisi produk dengan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pemasaran Global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya yaitu berasal dari hasil analisis SWOT dengan skor kekuatan (strength) 2.25 ; kelemahan (weakness) 1.29 ; peluang (opportunities) 2.68 ; ancaman (treath) 0.66. Dari hasil perhitungan tersebut dapat dilihat dari selisih skor kekuatan dan kelemahan yang mana nilai skor kekuatan lebih tinggi dari nilai skor kelemahan dengan selisih sebesar 0.96. Sedangkan selisih nilai skor peluang dan ancaman yang mana nilai skor tertinggi adalah peluang dengan selisih sebesar 2.02.Dari hasil tersebut dapat diketahui dalam diagram kuadran analisis SWOT bahwa posisi usaha pada titik kuadran I . Sehingga dapat disimpulkan bahwa UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya telah berada pada jalur yang tepat dengan terus melakukan strategi agresif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasarnya. Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Global, Perluasan Pasar, UKM
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-06-10
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/249
10.30736/jpim.v4i2.249 |
|
Source |
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen); Vol 4, No 2 (2019): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN); 907-920
2621-881X 2502-3780 10.30736/jpim.v4i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/249/237
10.30736/jpim.v4i2.249.g237 |
|
Rights |
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit
|
|