Record Details

ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PADA UKM KACANG MEDE “BAWANG MAS” SURABAYA

JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PADA UKM KACANG MEDE “BAWANG MAS” SURABAYA
 
Creator Lusinta, Aisa Diaz Adhe; Universitas Islam Lamongan
Titin, Titin; Universitas Islam Lamongan
Azizah, Luluk Nur; Universitas Islam Lamongan
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis segmenting, targeting dan positioning untuk dapat merumuskan strategi pemasaran global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya dengan menggunakan populasi berupa data faktor internal dan faktor eksternal pada usaha tersebut yang diambil dari 30 responden. Untuk mengetahui seberapa pengaruhnya penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan pada pimpinan usaha UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya. Hasil dari penelitian ini dianalisis segmenting, targeting dan positioning pada usaha ini lalu dilanjutkan dengan metode analisis SWOTAnalisis strategi segmentasi pasar, target pasar dan posisi produk dengan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pemasaran Global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya yaitu berasal dari hasil analisis SWOT dengan skor kekuatan (strength) 2.25 ; kelemahan (weakness) 1.29 ; peluang (opportunities) 2.68 ; ancaman (treath) 0.66. Dari hasil perhitungan tersebut dapat dilihat dari selisih skor kekuatan dan kelemahan yang mana nilai skor kekuatan lebih tinggi dari nilai skor kelemahan dengan selisih sebesar 0.96. Sedangkan selisih nilai skor peluang dan ancaman yang mana nilai skor tertinggi adalah peluang dengan selisih sebesar 2.02.Dari hasil tersebut dapat diketahui dalam diagram kuadran analisis SWOT bahwa posisi usaha pada titik kuadran I .  Sehingga dapat disimpulkan bahwa UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya telah berada pada jalur yang tepat dengan terus melakukan strategi agresif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasarnya. Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Global, Perluasan Pasar, UKM 
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-06-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/249
10.30736/jpim.v4i2.249
 
Source JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen); Vol 4, No 2 (2019): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN); 907-920
2621-881X
2502-3780
10.30736/jpim.v4i2
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/249/237
10.30736/jpim.v4i2.249.g237
 
Rights Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat  akses terbuka untuk umum  dan untuk  Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit