Record Details

PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI DAYA GUNA, PERSEPSI KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAAN E-MONEY PADA BANK BRI LAMONGAN

JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI DAYA GUNA, PERSEPSI KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAAN E-MONEY PADA BANK BRI LAMONGAN
 
Creator Romadloniyah, Alifatul Laily; Universitas Islam Lamongan
Prayitno, Dwi Hari; Universitas Islam Lamongan
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi daya guna, persepsi kepercayaan dan persepsi manfaat  berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan e-money. Penelitian ini merupakan penelitian survey yaitu suatu penelitian yang dilakukan melalui pengambilan data. Metode analisis data yang digunakan adalah asumsi klasik, metode linier berganda dan analisis koefisien determinsi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. penelitian mengambil sampel 100 responden nasabah yang menggunakan e-money di Bank BRI Cabang Lamongan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh persamaan Y = -0.621 + 0.331 X1 + 0.250 X2 + 0.277 X3 + 0.169 X4, Persepsi Kemudahan Penggunaan (X1) menjadi faktor terbesar yang mmempengaruhi minat nasabah dengan nilai koefisien regresi sebesar 6.539. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Manfaat secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah PT. BRI Cabang Lamongan. Dari penelitian ini diperoleh nilai R Square sebesar 0.811, yang artinya seluruh variabel bebas yakni persepsi kemudahan penggunaan, persepsi daya guna, persepsi kepercayaan dan persepsi manfaat mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 81.1% terhadap variabel terkait yaitu minat nasabah, sedangkan 18.9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Kata kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna dan Persepsi Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Minat Nasabah, E-money.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-06-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/164
10.30736/jpensi.v3i2.164
 
Source JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); Vol 3, No 2 (2018): JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); 699 – 711
2621-3168
2502-3764
10.30736/jpensi.v3i2
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/164/154