Record Details

ANALISIS MULTI KRITERIA UNTUK MENENTUKAN LOKASI PENGEMBANGAN PUSAT PROMOSI KERAJINAN IKMDI KOTA TASIKMALAYA

JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS MULTI KRITERIA UNTUK MENENTUKAN LOKASI PENGEMBANGAN PUSAT PROMOSI KERAJINAN IKMDI KOTA TASIKMALAYA
 
Creator Sjamsuridjal, Sjamsuridjal
 
Description Pemerintah Kota Tasikmalaya sesuaidenganmisinyatelah merencanakan untuk mengembangkan Pusat Pemasaran dan Promosi IKM (industri kecil dan mikro). Pusat promosi ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas yang memadai bagi IKM dan pelaku industri kreatif lainnya di Kota Tasikmalaya. Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemerintah Kota Tasikmalaya sedang mencari lokasi yang cocok, karena itu dilakukan studi untuk membantu Pemerintah Kota Tasikmalaya mencari lokasi yang cocok. Penelitian ini dilakukan di wilayah Pemerintah Kota Tasikmalaya, dengan mempertimbangkan sejumlah aspek untuk melihat kelayakan lokasi untuk pusat promosi. Studi ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu i) studi spasial untuk menemukan tiga lokasi alternatif yang cocok dari aspek spasial, dan ii) studi multi-aspek pada pilihan tiga lokasi alternatif yang dihasilkan dalam studi spasial. Studi spasial yang telah dilakukan menghasilkan tiga pilihan lokasi, yaitu kecamatan Kawalu, kecamatan Cibeureum, dan area BWP (Bagian dari Wilayah Perkotaan) 1. Terhadap ketiga wilayah tersebut, studi multi-kriteria dilakukan dengan menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk memilih daerah yang terbaik yang cocok untuk menjadi pusat promosi produk IKM. Kriteria yang dikembangkan untuk memilih tiga lokasi tersebutyaitu i) ketersediaan lahan, ii) kemudahan lahan untuk dibangun, iii) kemudahan mencapai lokasi, iv) lokasi potensial, v) jalur transportasi, vi) kemudahan parkir kendaraan besar, vii ) dampak Lingkungan, viii) populasi, dan ix) jumlah pelakuusaha di daerah tersebut. Akhirnya, berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan studi spasial dan studi multi-kriteria, hasil lokasi yang cocok untuk pusat promosi produk IKM di Kota Tasikmalaya telahdiperoleh, yaitu di wilayah Kecamatan Cibeureum.Kata Kunci: Kota Tasikmalaya,  PusatPromosi IKM, Multi Kriteria, Metoda AHP
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/263
10.30736/jpensi.v4i3.263
 
Source JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); Vol 4, No 3 (2019): JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); 1187-1200
2621-3168
2502-3764
10.30736/jpensi.v4i3
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/263/pdf_7