Record Details

PENGARUH KESADARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PBB P2 (STUDI KASUS PADA WAJIB PAJAK DI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2017)

JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KESADARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PBB P2 (STUDI KASUS PADA WAJIB PAJAK DI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2017)
 
Creator Nisak, Choirun; Universitas Islam Lamongan
Rahmi Satiti, Abidah Dwi; Universitas Islam Lamongan
 
Description Pajak memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia karena merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penerimaan negara melalui sektor pajak, di antaranya melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Namun, saat ini kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB P2 masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB P2 di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan tahun 2017. Metode penelitian ini adalah explanatory research. Populasi adalah seluruh wajib pajak atas PBB P2 di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan yang terdiri atas 20 desa di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Sampel ditetapkan sebanyak 100 orang wajib pajak dari 3 desa dengan pembayaran PBB P2 tercepat yang terpilih secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB P2 di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan tahun 2017, baik secara parsial maupun simultan. Dengan demikian, pemerintah hendaknya melakukan upaya peningkatan kesadaran wajib pajak dalam membayar PBB P2 dengan cara menggencarkan sosialisasi, penyuluhan, serta pemberian pengetahuan dan pemahaman terkait dengan kesadaran wajib pajak dalam membayar PBB P2 serta meningkatkan kualitas pelayanan pajak agar wajib pajak merasa lebih puas dan nyaman, serta merasa dipermudah dalam membayar PBB P2. Kata Kunci: Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak, PBB P2
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-02-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/130
10.30736/jpensi.v3i1.130
 
Source JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); Vol 3, No 1 (2018): JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); 633-644
2621-3168
2502-3764
10.30736/jpensi.v3i1
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/130/127