Record Details

PENGARUH SOSIALISASI PP 23/2018 TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN PEMAHAMAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH SOSIALISASI PP 23/2018 TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN PEMAHAMAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
 
Creator Wardani, Dewi Kusuma; Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Kartikasari, Fitri; Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
 
Description Abstract: The Effect of PP 23/2018 Socialization on the on Obligation of UMKM Tax Payments with Understanding Taxation obligations as Intervening Variables            This study aims to examine the effect of PP 23/2018's socialization on UMKM taxpayer compliance through taxpayer understanding. To test the hypothesis, primary data is used with the method used, namely convenience sample. Data analysis techniques using path analysis with the socialization of PP 23/2018 as a variable (X) and understanding of taxpayers as intervening variables and UMKM taxpayer compliance as a variable (Y). After analyzing the data, it can be seen that the socialization of PP 23/2018 has no effect on the understanding of taxpayers with a t-count value of 1.654 smaller than the t-table value of 1.6632 with a significance value of 0.102. Understanding taxpayers has a positive effect on tax compliance of UMKM has a t-value of 7.776 is greater than the t-table value of 1.6632 with a significance value of 0.0000. PP 23/2018's socialization had a positive effect on UMKM taxpayer compliance with a t-count value of 2.770 greater than the t-table value of 1.6632 with a significance value of 0.007. PP 23/2018 socialization variable towards UMKM taxpayer compliance is 0.292 and the indirect effect is 0.1172. These results indicate that indirectly the socialization of PP 23/2018 has no effect on UMKM taxpayer compliance.Keywords: PP 23/2018 Socialization, Taxpayer Understanding, UMKM Taxpayer Compliance. Abstrak: Pengaruh Sosialisasi PP 23/2018 terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM dengan Pemahaman Wajib Pajak sebagai Variabel InterveningPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sosialisasi PP 23/2018 terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM melalui pemahaman wajib pajak. Untuk menguji hipotesis, digunakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur dengan sosialisasi PP 23/2018 sebagai variabel (X) serta pemahaman wajib pajak sebagai variabel intervening dan kepatuhan wajib pajak UMKM sebagai variabel (Y). Setelah data dianalisis, dapat diketahui bahwa sosialisasi PP 23/2018 tidak berpengaruh terhadap pemahaman wajib pajak dengan nilai t-hitung 1,654 lebih kecil dari nilai t-tabel 1,6632 dengan nilai signifikansi 0,102. Pemahaman wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM memiliki nilai t-hitung 7,776 lebih besar dari nilai t-tabel 1,6632 dengan nilai signifikansi 0,0000. Sosialisasi PP 23/2018 berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan nilai t-hitung 2,770 lebih besar dari nilai t-tabel 1,6632 dengan nilai signifikansi 0,007. Variabel sosialisasi PP 23/2018 terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM sebesar 0,292 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,1172. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung sosialisasi PP 23/2018 tidak berpengaruh tehadap kepatuhan wajib pajak UMKM.Kata Kunci: Sosialisasi PP 23/2018, Pemahaman Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/279
10.30736/.v5i1.279
 
Source JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); Vol 5, No 1 (2020): JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); 1-16
2621-3168
2502-3764
10.30736/.v5i1
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/279/pdf_8