STUDI KELAYAKAN INOVASI PRODUK PADA ARIMASTA SILVER DI DESA CELUK, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR
JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STUDI KELAYAKAN INOVASI PRODUK PADA ARIMASTA SILVER DI DESA CELUK, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR
|
|
Creator |
Astari, Anak Agung ELik; Universitas Mahendradatta
Sudiartini, Ni Wayan Ari; Universitas Mahendradatta Ratna Sari, Ni Luh Putu; Universitas Mahendradatta |
|
Subject |
Manajemen
Kelayakan Bisnis, Inovasi, Perhiasan, Silver, Alpaka |
|
Description |
Di tengah-tengah persaingan usaha sejenis yang sangat ketat, mampu memenuhi keinginan pasar menjadi harapan bagi semua pelaku usaha. Tingginya harga perhiasan perak membuat banyak masyarakat beralih menggunakan perhiasan dengan harga yang lebih terjangkau dan hasil menyerupai perak. Meningkatnya permintaan perhiasan alpaka, menjadi perhatian penting bagi para pengusaha perak. Tidak hanya berfokus pada perhiasan yang sudah ada, Arimasta Silver dituntut untuk dapat berinovasi terhadap produk dengan jenis bahan baku yang berbeda. Melalui studi kelayakan bisnis pemilik usaha dapat mengetahui apakah inovasi produk yang dilakukan pada Arimasta Silver layak untuk dijalankan. Penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Art Shop Arimasta Silver di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Adapun analisis kelayakan menggunakan analisis aspek non-keuangan dengan menganalisis aspek pasar dan pemasaran serta aspek ekonomi dan sosial. Untuk mengetahui peluang bisnis terhadap inovasi produk Arimasta Silver dilakukan analisis SWOT dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada dalam usaha ini. Sedangkan alat analisis yang digunakan untuk kelayakan analisis aspek keuangan menggunakan analisis Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI), dan Payback Period (PP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk Arimasta Silver berada pada posisi kwadrand IV dengan posisi kompetitif yang kuat. Dalam metode QSPM diperoleh strategi alternatif yaitu dengan meningkatkan inovasi produk untuk mencapai keadaan keunggulan bersaing yang lebih baik. Berdasarkan hasil analisis dari aspek keuangan didapatkan nilai Net Present Value (NPV) positif sebesar Rp. 7.155.970, nilai Internal Rate of Return (IRR) adalah sebesar 13,7%, nilai Profitability Index (PI) lebih besar dari 1 yaitu 1,3%, dengan Payback Period (PP)dari usaha ini selama 2 tahun 5 bulan 2 hari. Dengan demikian, inovasi produk pada Arimasta Silver dikatakan layak dijalankan.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-06-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/692
10.30736/jpensi.v6i2.692 |
|
Source |
JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); Vol 6, No 2 (2021): JURNAL PENELITIAN EKONOMI DAN AKUNTANSI (JPENSI); 153-170
2621-3168 2502-3764 10.30736/jpensi.v6i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/692/pdf_39
|
|