Record Details

PENERAPAN SUPERVISI PENDIDIKAN KONTEKSTUAL OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA DR.SOETOMO SURABAYA

JURNAL EKBIS

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN SUPERVISI PENDIDIKAN KONTEKSTUAL OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA DR.SOETOMO SURABAYA
 
Creator Safaatillah, Nurus; Fakultas Ekonomi
 
Description Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Dr.Soetomo Surabaya menerapkan supervisi pendidikan kontekstual oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru, berdasarkan analisis konteks permasalahan di lapangan, maka penelitian ini lebih difokuskan lagi pada supervisi tentang kelengkapan administrasi guru, penyusunan perangkat pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan supervisi terhadap aktivitas guru pada kelengkapan administrasi, penyusunan perangkat pembelajaran serta pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil analisis data pada lembar supervisi kelengkapan administrasi, penyusunan perangkat pembelajaran serta dalam proses belajar mengajar menunjukkan kategori baik sekali.   Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa “Supervisi Pendidikan Kontekstual” sangat tepat diterapkan dalam meningkatkan kompetensi guru.Keywords : Supervisi Pendidikan Kontekstual, Kepala Sekolah, Kompetensi Guru
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2016-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/20
10.30736/ekbis.v15i1.20
 
Source JURNAL EKBIS; Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi; 13 Halaman
JURNAL EKBIS; Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi; 13 Halaman
2621-4210
1979-746X
10.30736/ekbis.v15i1
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/20/20