Record Details

MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI INOVASI DAN ORIENTASI PASAR PADA USAHA SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG

JURNAL EKBIS

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI INOVASI DAN ORIENTASI PASAR PADA USAHA SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG
 
Creator Rifa’i, Muhammad; Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
Sasongko, Totok; Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
Indrihastuti, Poppy; Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
 
Description Pengembangan dalam menciptakan keunggulan bersaing di Kota Malang lebih banyak membutuhkan sumber daya manusia yang inovatif dan mempunyai kreativitas tinggi. Adanya inovasi dan kreativitas yang timbul pada masyarakat, mempunyai peran penting dalam pengembangan perekonomian suatu daerah. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa pengembangan dalam menciptkan produk yang unggul mampu membuat produk yang diminati oleh masyarakat. Kreativitas pelaku UKM mampu meningkatkan hasil produk yang lebih berinovasi. Kreativitas dapat ditingkatkan melalui pelatihan, pembinaan, serta monitoring yang dilakukan oleh pemerintah. Faktor pendukung dalam menciptakan produk yang unggul dalam bersaing ini meliputi peran pemerintah, kualitas Sumber Daya Manusia, dan potensi Kota Malang yang dimili. Terdapat beberapa faktor penghambat juga seperti kurangnya akses permodalan, terbatasnya bahan baku berkualitas dan rendahnya sarana prasarana pemasaran.

Kata kunci: Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/203
10.30736/ekbis.v20i1.203
 
Source JURNAL EKBIS; Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi; 1194-1205
JURNAL EKBIS; Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi; 1194-1205
2621-4210
1979-746X
10.30736/ekbis.v20i1
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/203/pdf_9