Record Details

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG

JURNAL EKBIS

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG
 
Creator Yulia, Evi
Sugiarto, Edie
 
Description Prilaku konsumen sangat penting dipelajari oleh banyak masyarakat atau perusahaan diseluru dunia, prilaku konsumen sangat menentukan kemajuan perusahaan, dengan mengetahui prilaku konsumen maka perusahaan dapat menentukan strategi dan konsep untuk memuaskan konsumen, ada banyak faktor faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Demi kesuksesan dan kemajuan perusahaan maka Perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakakukan pembelian keripik singkong dan dapat bermanfaat bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, realibitas, regresi liner berganda dan melakukan analisis faktor tehadap ketiga variabel yaitu variabel individual terdiri dari Sembilan belas sub variabel, variabel lingkungan terdiri dariempat belas sub variabel , dan variabel marketing strategy terdiri dari empat belas sub variabel. Selanjutnya empat puluh tujuh sub variabel akan dianalisis menggunakan analisis factor
Berdasarkan hasil penelitian faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian keripik singkong adalah individual, lingkungan dan marketing strategy. Dari hasil penelitian Terbentu lima faktor dari Variabel individual yaitu Faktor persepsi merk, Faktor gaya hidup, Faktor demografi konsumen, Faktor personalia dan faktor kebutuhan dan keinginan konsumen. Terbentuk empat faktor dari Variabel Lingkungan yaitu Faktor situasional, Faktor budaya, Faktor grup tatap muka, dan Faktor social. Terbentuk tiga faktor dari variabel Marketing startegy yaitu Faktor promosi, faktor, produk dan faktor distribusi Berdasarkan penelitian menggunakan total nilai varians pada total variance explaine, factor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian keripik singkong adalah faktor promosi dengan nilai varian paling besar dan tertinggi. Ternyata Penelitian ini sangat bermanfaat dalam pengemabngan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen maka tekhnologi baru akan diciptakan menyesuaikan selera konsumen.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/170
10.30736/ekbis.v19i2.170
 
Source JURNAL EKBIS; Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi; 1100-1120
JURNAL EKBIS; Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi; 1100-1120
2621-4210
1979-746X
10.30736/ekbis.v19i2
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/170/160