PELINDUNGAN HUKUM MEREK TERKENAL DALAM PRINSIP DILUSI MEREK
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PELINDUNGAN HUKUM MEREK TERKENAL DALAM PRINSIP DILUSI MEREK
|
|
Creator |
Muhammad Rifqi Fauzi
|
|
Description |
Merek dalam kegiatan bisnis diperuntukan untuk mengidentifikasikan asal barang dan jasadari suatu perusahaan dengan barang dan/atau jasa perusahaan lain dan image, kuatilas atau reputasi barang dan/atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Umum Tokopedia, Praktik Dilusi Merek Dalam Penjualan Pakaian Terkenal di Tokopedia, dan Tinjauan Hukum Dilusi Merek di Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif. Hasil penelitian ini adalah tokopedia adalah salah satu marketplace yang ada di Indonesia Pengusaha melakukan bisnis di dalam aplikasi perusahaan Tokopedia memasarkan produk yang sangat bervariasi. Beberapa pengusaha pakaian yang menjual pakaian di Tokopedia ditemukan menerapkan atau melakukan penjualan dilusi merek yaitu kaos Adidas menjadi “adadeh”, Nike just do it menjadi “butuh duit”, My Trip My Adventure menjadi “My Trip tergantung duit”, dan merek gucci menjadi merk cuci. Upaya hukum dalam perlindungan hukum merek terkenal juga dapat ditempuh melalui jalur non litigasi sesuai Pasal 93 UU MIG yaitu: “Selain penyelesaian gugatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 para pihak dapat menyelesaikan sengketa melalui arbitrase atau alternatif penyelesaian sengketa. Penting kiranya untuk menambahkan adanya perlindungan hukum terhadap dilusi merek sebagai aspek perlindungan secara moral dan ekonomi bagi pemilik merek dan/atau pemegang hak merek.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
|
|
Date |
2022-01-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4608
|
|
Source |
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 9 No. 2 (2021); 47-60
2527-631X 2338-9648 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4608/3305
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|