METODE ROLE PLAYING (RPG) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 1 PONOROGO
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
View Archive InfoField | Value | |
Title |
METODE ROLE PLAYING (RPG) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 1 PONOROGO
|
|
Creator |
Mardayanti, Mella
|
|
Description |
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan hasil belajar. Akan tetapi kuat dan lemahnya motivasi berbeda hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti citacita, kondisi siswa, kondisi lingkungan, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya guru dalam menggunakan metode atau media dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimana pengambilan data menggunakan wawancara, obeservasi, dokumentasi, tes hasil belajar mengajar. Sedangkan validitas data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik trianggulasi, selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan siswa. Hasil penelitian dengan metode pembelajaran Role Playing (RPG) dengan media berbasis Audiovisual ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, masing-masing pertemuan berlangsung selama 2x45 menit. Penerapan Metode pembelajaran Role Playing (RPG) dengan media berbasis Audiovisual telah dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa. Dimana pada penerapan metode pembelajaran Role Playing (RPG) dengan media berbasis Audiovisual, siswa diajak untuk serta dalam semua proses pembelajaran, yang masih terdapat banyaknya siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa terlihat malas belajar, tidak bersemangat, dan tidak menunjukkan eskpresi gembira dan lebih tertuju pada bersebrangan dengan tugas belajarnya seperti main game di kelas dan nilai-nilainya cenderung terus-menerus turun menurun. Dengan variasi pembelajaran yang terdiri dari bermain peran perkelompok membuat siswa merasakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan materi yang disajikan dalam bentuk gambaran menjadi lebih mudah dipahami. Kata Kunci: Role Playing, Audiovisual |
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
|
|
Date |
2020-12-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4233
|
|
Source |
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 8 No. 2 (2020); 181-197
2527-631X 2338-9648 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4233/3114
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|