Record Details

METODE ROLE PLAYING (RPG) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 1 PONOROGO

El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title METODE ROLE PLAYING (RPG) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 1 PONOROGO
 
Creator Mardayanti, Mella
 
Description Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang
mempengaruhi belajar dan hasil belajar. Akan tetapi kuat dan lemahnya
motivasi berbeda hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti citacita,
kondisi siswa, kondisi lingkungan, unsur-unsur dinamis dalam
belajar dan upaya guru dalam menggunakan metode atau media dalam
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
yang dimana pengambilan data menggunakan wawancara, obeservasi,
dokumentasi, tes hasil belajar mengajar. Sedangkan validitas data yang
digunakan dalam penelitian ini ialah teknik trianggulasi, selanjutnya
analisis data yang digunakan yaitu melakukan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan siswa. Hasil penelitian
dengan metode pembelajaran Role Playing (RPG) dengan media berbasis
Audiovisual ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan
dalam 4 kali pertemuan, masing-masing pertemuan berlangsung selama
2x45 menit. Penerapan Metode pembelajaran Role Playing (RPG) dengan
media berbasis Audiovisual telah dapat meningkatkan Motivasi belajar
siswa. Dimana pada penerapan metode pembelajaran Role Playing (RPG)
dengan media berbasis Audiovisual, siswa diajak untuk serta dalam
semua proses pembelajaran, yang masih terdapat banyaknya siswa yang
kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa terlihat malas
belajar, tidak bersemangat, dan tidak menunjukkan eskpresi gembira
dan lebih tertuju pada bersebrangan dengan tugas belajarnya seperti
main game di kelas dan nilai-nilainya cenderung terus-menerus turun
menurun. Dengan variasi pembelajaran yang terdiri dari bermain peran perkelompok membuat siswa merasakan suasana belajar yang lebih
menyenangkan dan materi yang disajikan dalam bentuk gambaran menjadi
lebih mudah dipahami.
Kata Kunci: Role Playing, Audiovisual
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
 
Date 2020-12-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4233
 
Source El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 8 No. 2 (2020); 181-197
2527-631X
2338-9648
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4233/3114
 
Rights Copyright (c) 2020 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0