Record Details

MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER (Studi atas MA Salafyah Mu’adalah Pondok Tremas Pacitan)

El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER (Studi atas MA Salafyah Mu’adalah Pondok Tremas Pacitan)
 
Creator Shaifudin, Arif
Nafi'i, Wildan
 
Description Fenomena degradasi moral adalah bukti masih belum utuhnyapembinaan yang dilakukan sekolah kepada peserta didik, khususnya dalampenanaman karakter. Kemerosotan moral ini adalah tanggung jawab bersamaseluruh komponen bangsa. Oleh karena itu, MA Salafyah Mu’adalah PondokTremas Pacitan merasa berkewajiban untuk memberikan tawaran solusi, yaitudalam bentuk manajemen peserta didik berbasis pesantren dalam pembentukankarakter yang menjadi tema penelitian penulis. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan; (1) implementasi manajemen peserta didik berbasis pesantrendalam pembentukan karakter, (2) keberhasilan yang dicapai, dan (3) faktorpendukung dan penghambatnya. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitiankualitatif, dengan mengambil lokasi MA Salafyah Mu’adalah Pondok TremasPacitan. Metode pengumpulan datanya; observasi, interview, dan dokumentasi.Dan analisis model miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa, manajemen peserta didik berbasis pesantrendalam pembentukan karakter di MA Salafyah Mu’adalah menggunakan tigalangkah strategi, yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action, yangdalam aplikasinya menggunakan empat fungsi manajemen; (1) Perencanaan,(2) Pengorganisasian: membentuk struktur organisasi melalui Tim MajelisMa’arif. (3) Pelaksanaan: mencanangkan program-program, (4) Pengawasan.Faktor pendukung dan penghambatdigunakan analisis SWOT, ditemukan faktorpendukung: (a) motivasi kyai, ustadz, dan siswa yang menunjang, (b) iklim dantradisi pesantren yang mendukung, (c) fgurisasi kyai dan ustadz sebagai teladankonkrit, (d) program vokasional dengan media yang memadai, dan (e) komunikasiyang akrab antara lembaga dengan masyarakat. Faktor penghambat: (a) Komponenpendidikan belum sinergis, (b) tradisi peantren dengan corak kesederhanaannya, (c) minimnya budaya kritis, (d) efektivitas kegiatan belum merata, (e) budaya negatif dariluar
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
 
Date 2020-03-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3829
 
Source El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 7 No. 2 (2019); 165-190
2527-631X
2338-9648
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3829/2868
 
Rights Copyright (c) 2020 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0