PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT GAYO
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT GAYO
|
|
Creator |
Hidayat, Rahmat
|
|
Description |
Abstrak: Pendidikan Islam sangat penting dan harus diajarkan bagisetiap pemeluk agama Islam yaitu bagi seorang muslim. Denganmempelajari pendidikan Islam, seorang muslim dapat mengamalkanajaran Islam. Pengamalan ajaran Islam tersebut menandakan eksistensiagama Islam bahwa ajaran Islam tersebut diterima oleh pemeluknya.Masyarakat Gayo merupakan salah satu suku diwilayah sumatera,khususnya Aceh dibagian tengah yang memiliki kekhasan dalambudaya dan adat istiadat, dimana dalam kesehariannya masyarakat Gayosangat menjunjung tinggi danberpegang teguh terhadap budaya danadat istiadatnya dan juga mayoritas masyarakat Gayo memeluk agamaIslam. Oleh sebab itu penanaman nilai pendidikan Islam menjadi halyang pokok untuk mengamalkan ajaran Islam. Dalam penanamannilai pendidikan Islam khususnya pendidikan akhlak, masyarakat Gayomelakukan percampuran dan penyesuaian antara nilai pendidikan Islamdengan norma budaya. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudahuntuk diterima dan diamalkan oleh masyarakat. Dengan percampuranantara nilai ajaran Islam dengan budaya dan adat istiadat tersebut,menjadi satu kekhasan daerah dalam pengamalan ajaran Islam, sertamenjadi kekayaan Islam nusantara dengan menjunjung kearifan lokal.Kata kunci: Pendidikan Islam, Masyarakat Gayo, Penanaman Nilai.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
|
|
Date |
2018-07-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3419
10.5281/zenodo.3523163 |
|
Source |
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 6 No. 1 (2018); 79-96
2527-631X 2338-9648 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3419/2541
|
|