MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS X.JBG2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMK NEGERI 1 WONOASRI
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS X.JBG2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMK NEGERI 1 WONOASRI
|
|
Creator |
Suwito, Suwito
|
|
Description |
Abstrak: Guru memiliki kemampuan untuk dapat menyampaikan bahanpembelajaran kepada siswa dengan baik. Untuk itu guru perlu mendapatpengetahuan tentang materi pelajaran serta cara yang dapat digunakandalam mengajarkan materi pelajaran tersebut, singkatnya guru harusprofesionalisme. Permasalahan yang dihadapi di kelas ini hasil belajarsiswa kurang, yang dapat diketahui dari nilai rata-rata ulangan hanya7, 00. Kenyataan tersebut masih di bawah KKM yang telah ditetapkanyaitu 7, 50. Bertitik tolak pada permasalahan tersebut di atas, makapenelitian tindakan ini bertujuan untuk memotivasi guru dan siswa agardalam proses belajaran mengajar Matematika dapat berlangsung dengansenang dan gemar dengan pendekatan konstruktivisme melalui metodeeksperimen, agar siswa memiliki konsep dasar sains dan teknologi sertasikap disiplin, kerja keras, ingin tahu, dan memecahkan masalah untukmenyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekelilingnya.Dari keseluruhan siklus dalam penelitian yang telah dilakukan dapatdisimpulkan bahwa Hasil pembahasan penelitian untuk meningkatkanhasil belajar melalui pembelajaran dengan model Jigsaw pada pesertadidik kelas X.JBg2 SMK Negeri 1 Wonoasri menunjukan hasil yangcukup signifikan. Ketuntasan hasil belajar secara individu meningkatdari 19 orang sebelum siklus I menjadi 29 orang pada siklus I, danmeningkat lagi mejadi 34 orang pada siklus II. Rata-rata kelas meningkatdari 70.29 sebelum siklus I menjadi 71.94 pada siklus I dan meningkatSuwito322 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agamamenjadi 79.09 pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga mengalami kenaikandari 67.14% sebelum siklus I menjadi 80.00% pada siklus I dan 98.45%pada siklus II. Berdasarkan uraian data tersebut, dapat disimpulkan bahwapenerapan pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
|
|
Date |
2018-04-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3360
10.5281/zenodo.3523462 |
|
Source |
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 5 No. 2 (2017); 321-348
2527-631X 2338-9648 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3360/2519
|
|