Record Details

Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA

El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA
 
Creator Muna, Izza Alyatul
 
Description Abstrak: Proses pembelajaran yang terjadi selama ini belum secara optimal mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas diarahkan untuk peserta didik menghafal informasi dan latihan soal-soal yang disampaikan. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran IPA, salah satunya adalah dengan mengubah pembelajaran yang bersifat teacher centered menjadi student centered. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dengan tetap memunculkan karakteristik IPA yaitu siswa mampu mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dengan pembuktian secara ilmiah adalah dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Obiserve-Explain) yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses pembelajaran IPA. Model POE memberikan kesempatan bagi siswa untuk menghasilkan pengetahuan konseptual mereka sendiri melalui rekonsiliasi dan negosiasi antara pengetahuan awal dan pengetahuan baru
Kata Kunci : POE, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
 
Date 2017-08-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3028
 
Source El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 5 No. 1 (2017); 73-92
2527-631X
2338-9648
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3028/2258