Record Details

PENGAJARAN KOMUNIKATIF KONTEKSTUAL DALAM KONTEKS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGAJARAN KOMUNIKATIF KONTEKSTUAL DALAM KONTEKS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
 
Creator Suryani, Tina Zulfa
 
Description Abstrak: Salah satu tugas guru dalam pembelajaran adalah menciptakan pembelajaran yang efektif. Karena dengan tercapainya pembelajaran yang efektif akan menghasilkan lulusan yang bermutu. Dan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif ini diperlukan perencanaan yang optimal. Perencanaan yang optimal ini akan terwujud apabila guru memahami betul terkait prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran. Aspek perencanaan ini mencakup berbagai komponen pembelajaran yakni mencakup aspek berbagai instrument pembelajaran, di antaranya adalah perencanaan dalam model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai merupakan salah satu aspek yang berpengaruh dalm menciptakan mutu lulusan. Model pembelajaran komunikatif kontektual dipandang sebagai salah satu model yang sesuai dalam pembelajaran bahasa arab. Mengingat pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang memperhatikan prinsip belajar bahasa yakni mencakup aspek: (1) kebermaknaan  (meaningfull) dalam setiap bentuk bahasa yang dipelajari, (2)  bentuk, ragam dan makna bahasa sangat terkait dengan situasi dan konteks berbahasa.Kata kunci: Perencanaan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Komunikatif Kontekstual
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
 
Date 2016-12-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2641
 
Source El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 4 No. 2 (2016); 225 - 238
2527-631X
2338-9648
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2641/1937