PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
|
|
Creator |
Kuswoyo, Kuswoyo
|
|
Description |
Pendekatan pragmatik berdasar pada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi merupakan suatu kajian bahasa dengan melibatkan berbagai aspek di luar bahasa yang mampu memberikan makna. Komunikasi adalah kebutuhan setiap orang. Apapun yang kita katakan, akan dianggap sebagai pesan oleh orang lain yang mencermati gerak-gerik kita dan menganggapnya sebagai simbol dari apa yang kita pikirkan agar kita memperoleh sedikit gambaran atas apa yang sedang orang lain pikirkan. Dengan mempelajari komunikasi, kita bisa melakukan prediksi itu secara lebih terorganisasi dan terstruktur. Biasanya tidak banyak orang yang mempermasalahkan bagaimana bahasa dapat digunakan sebagai media berkomunikasi yang efektif, sehingga sebagai akibatnya penutur sebuah bahasa sering mengalami kesalahpahaman dalam suasana dan konteks tuturannya. Sudut pandang pragmatik merupakan salah satu cara untuk mengetahui tentang hal tersebut. Berdasarkan dari hal-hal tersebut di atas. Dalam makalah ini, akan dipaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan pragmatik dari pendekatan, batasan, prinsip, aspek ujaran dan teori pragmatik serta contoh penerapannya.Kata Kunci: Pendekatan, Pragmatik, Komunikasi
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
|
|
Date |
2016-08-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2013
|
|
Source |
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 3 No. 2 (2015); 158 - 167
2527-631X 2338-9648 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2013/1493
|
|