METODE IQRA' K.H. AS‘AD HUMAM PERSPEKTIF BEHAVIORISTIK
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
View Archive InfoField | Value | |
Title |
METODE IQRA' K.H. AS‘AD HUMAM PERSPEKTIF BEHAVIORISTIK
|
|
Creator |
Kuswoyo, Kuswoyo Kuswoyo
|
|
Description |
Buku Iqra’ merupakan buku yang diperuntukkan bagi anak-anak guna mencapai kemahiran membaca al-Qur’an. Dengan mempelajari buku tersebut diharapkan anak-anak dapat membaca al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, baik dari segi makharij al-hurūf, mad, idgam, maupun hukum-hukum yang lainnya. Dalam kaitannya dengan belajar, ada beberapa teori yang sangat berpengaruh di dalamnya. Diantara teori yang sangat populer dan berpengaruh adalah teori behavioristik. Teori yang popular dengan istilah teori S-R (Stimulus-Respon) ini mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam dunia pendidikan. Bahkan apabila kita amati dalam proses pembelajaran pada kitab Iqra’, teori ini mempunyai pengaruh yang kuat didalamnya, bahkan secara lebih ekstrim bisa dikatakan bahwa teori behavioristik mendominasi pada metode pembelajaran kitab Iqra’tersebut. Secara lebih jelas, akan dibahas teori behavioristik, karakteristik, metode Iqra’, dan kecondongan pada teori behavioristik. Kata Kunci: Behavioristik, Al-Qur’an, Iqra’, Metode.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
|
|
Date |
2016-08-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/1994
|
|
Source |
El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama; Vol. 2 No. 1 (2014); 122 - 141
2527-631X 2338-9648 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/1994/1474
|
|