Record Details

APLIKASI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title APLIKASI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
 
Creator Adhis Ubaidillah
 
Description ABSTRAK
Salah satu cara agar tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat. Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya monoton seperti ceramah, dan hal tersebut kurang efektif dalam mengaktifkan siswa ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan kurang bisa memahami penjelasan yang telah disampaikan oleh guru. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode drill dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar tematik, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran tematik. Fokus Penelitian, bagaimana Aplikasi Metode Drill dalam Meningkatan Pemahaman Bidang Studi Tematik di MI Nurul Islam Mirigambar.  Metode Penelitian: Pendekatan dan Jenis Penelitian: pendekatan kualitatif, Data dan Sumber Data: 1. Primer: siswa; 2. Sekunder: dokumentasi,  Teknik Pengumpulan Data: 1. Observasi partisipan; 2. Wawancara mendalam; 3. Dokumentasi; Teknik Analisis Data; Pengecekan Keabsahan Data; Hasil Penelitian: Aplikasi metode drill sangat efektif karena siswa diajak terlibat secara langsung, sehingga mereka dapat membangun pemahaman pengetahuan, yang ditandai dengan kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan.
 
 
 
Publisher Program Studi PGMI STAI Diponegoro
 
Date 2021-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4690
 
Source AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 9 No. 2 (2021): Jurnal Al ibtida'; 1-14
2337-7461
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4690/3354
 
Rights Copyright (c) 2021 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah