Record Details

KONSEP BELAJAR MELALUI BERMAIN PADA ANAK SEJAK USIA DINI

AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSEP BELAJAR MELALUI BERMAIN PADA ANAK SEJAK USIA DINI
 
Creator Aris Susanti, Dyah
 
Description Abstrak:
            Bermain merupakan suatu kegiatan yang anak-anak lakukan sepanjang hari, sebab bagi anak bermain merupakan hidup mereka dan hidup adalah bermain. Anak sejak usia dini tidak membedakan antara bermain, belajar, dan bekerja. Pada umumnya anak-anak akan sangat menikmati permainan dan permainan tersebut akan terus dilakukan di manapun mereka mempunyai kesempatan.
Anak usia dini merupakan anak yang yang sedang dalam proses perkembangan dan pertumbuhan dan mempunyai potensi untuk dikembangan. Agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki maka diperlukan adanya suatu kegiatan agar dapat mengembangkan dan mengoptimalkan setiap tahapan perkembangan anak. Bermain merupakan suatu aktifitas yang menyenangkan yang dilakukan anak atas dasar kesenangan dan tidak mempertimbangkan hasil akhir dan dilakukan secara suka rela dengan karakteristik bermain yang meliputi menyenangkan, tidak serius, bermakna, aktif, adanya aturan, disiplin anak
Dengan bermain aspek perkembangan motorik, kognitif, afektif, bahasa, dan sosial anak akan berkembang jika dalam kegiatan bermain anak sejak usia dini di dukung oleh tiga jenis main yaitu: main sensorimotor, bermain peran, bermain konstruktif.
Kata kunci : belajar, bermain, dan anak sejak usia dini
 
Publisher Program Studi PGMI STAI Diponegoro
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4498
 
Source AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 7 No. 2 (2019): Jurnal Al Ibtida'; 120-135
2337-7461
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4498/3264
 
Rights Copyright (c) 2019 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah