Record Details

PERANAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID -19

AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERANAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID -19
 
Creator Adhis Ubaidillah
 
Description ABSTRAK
Masa pandemi Covid-19 pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka di sekolah, melainkan pembelajaran dilakukan secara daring. Hal tersebut, mengharuskan lingkungan keluarga berperan aktif dalam mendidik dan mendampingi proses belajar anak karena segala kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah. keluarga dalam hal ini adalah orang tua, mempunyai dua tugas sekaligus yaitu sebagai orang tua dan guru. Realita di lapangan menunjukkan bahwa perkembangan prestasi belajar siswa sangat bervariasi, hal ini dapat dilihat dari antusias siswa dalam mengirimkan tugas secara daring. Siswa yang mendapat perhatian dan pendampingan dari keluarga, selalu tepat waktu dalam mengirimkan tugas dan prestasi belajarnya semakin meningkat. Sedangkan siswa yang kurang mendapatkan perhatian dan pendampingan dari keluarga, prestasi belajarnya cenderung menurun. Seharusnya keluarga memberikan perhatian dan pendampingan belajar yang lebih kepada siswa, karena pada masa pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran membutuhkan pendampingan dari orang tua.  Peran keluarga dalam pembelajaran diantaranya adalah: (1) Memberikan semangat terhadap anak akan pentingnya suatu pendidikan. (2) Sebagai fasilitator terhadap segala kegiatan anak. (3) Menjadi sumber ilmu dan pengetahuan dalam keluarga. (4) Memberikan motivasi kepada anak untuk selalu meningkatkan prestasi belajar mereka. (5) Sebagai tempat bertanya dan mengadu terhadap hal-hal yang menjadi permasalahan anak. (6) Memberikan arahan yang jelas untuk masa depan anak-anaknya.
 
Kata kunci : Keluarga, Pembelajaran, pandemi covid-19
 
Publisher Program Studi PGMI STAI Diponegoro
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4480
 
Source AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 9 No. 1 (2021): Jurnal Al Ibtida'; 1-18
2337-7461
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4480/3242
 
Rights Copyright (c) 2021 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah