Record Details

PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
 
Creator Ubaidillah, Adhis
 
Description ABSTRAK
Hal pokok dalam proses belajar mengajar di sekolah adalah peserta didik dapat mencapai hasil yang memuaskan. Namun dalam mencapai tujuan belajar masih sering kita jumpai peserta didik yang mengalami kesulitan ataupun mempunyai hambatan dalam proses belajarnya. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya. pada hakikatnya pendidikan seharusnya membuahkan hasil belajar berupa perubahan pengetahuan, dan keterampilan. Bukan hanya sebatas siswa mampu menulis dengan terampil dan membaca dengan lancar.  Salah satu pendekatan yang efektif dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat dasar yaitu pendekatan Pragmatik, yaitu merupakan salah satu pendekatan yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Inggris. Pendekatan pragmatik dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini menuntut siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Misalkan, peserta didik diarahkan untuk dapat memperkenalkan diri dan orang lain dalam suatu forum yang resmi. Dalam hal ini guru memberi arahan materi sebelum peserta didik mempraktikkan kompetensi tersebut. Dalam arahanya guru menyampaikan materi bahwa dalam memperkenalkan diri maupun orang lain kita harus memahami situasi yang ada dalam forum itu. Penerapan pendekatan pragmatik dirasa cukup menuai hasil yang baik. karena ada perubahan yang cukup signifikan terhadap kemampuan berbahasa siswa.
 
Kata kunci : Pragmatik, Bahasa Inggris
 
Publisher Program Studi PGMI STAI Diponegoro
 
Date 2020-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4318
 
Source AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 8 No. 2 (2020): Jurnal Al Ibtida'; 1-16
2337-7461
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/4318/3152
 
Rights Copyright (c) 2020 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah