KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS KINERJA
AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS KINERJA
|
|
Creator |
Ubaidillah, Adhis
|
|
Description |
ABSTRAK Organisasi dibentuk untuk mencapai tujuan bersama. Agar bisa efektif diperlukan manajemen yang baik dan benar. Tujuan yang efektif mempunyai beberapa karakteristik Konsisten (Consistance), Tepat (precise), Menantang (Challenging), Dapat diukur (Measurable), Tujuan dapat dihubungkan dengan ukuran kinerja secara kuantitatif dan kualitatif, Dapat dicapai (Achievable), Disetujui(Agreed), Dihubungkan dengan Waktu (Time Related), Berorientasi pada kerja sama Tim (Teamwork Oriented). Selain itu waktu juga akan berpengaruh terhadap komunikasi. Setiap langkah dalam manajemen dan pengoperasian suatu organisasi sangat bergantung pada komunikasi. Komunikasi dalam organisasi memungkinkan anggota-anggota untuk saling bertukar pengetahuan tentang tujuan organisasi, mengenal lingkungannya, dan saluran yang menghubungkan masukan dengan keluaran suatu organisasi. Metode penelitiannya kualitatif,yang bisa menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Yang dimaksud kata-kata tertulis dalam penelitian ini berupa dokumen, seperti arsip, buku-buku atau hukum yang berhubungan dengan masalah penelitian, kemudian dianalisa dengan mengorganisasikan data, memilih mana yang penting dan membuat kesimpulan.Komunikasi yang efektif diperlukan beberapa persyaratan, yaitu persepsi, ketepatan kredibilitas, pengendalian dan keharmonisan/keserasian. Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dalam komunikasi. DAFTAR RUJUKAN Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001 Deddy Mulyana, Komunikasi Efektif (Suatu Pendekatan Lintas Budaya), Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008, Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis, Jakarta: Erlangga, 2011 Harjani Hefni, Komunikasi Islam, Jakarta: Prenadamedia, 2015. Kathleen A. Beegle, Komunikasi Tatap Muka, Terj. Ati Cahayani, Jakarta: Permata Puri Media, 2010. Richard L Daft, Era Baru Manajemen, Terj. Tita Maria Kanita, Jakarta: Salemba 2010. Stewart L. Tubbs, Sylvia Moss, Human Communication, terj. Deddy Mulyana, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001 Hani Handoko, Manajemen, Yogyakarta: UGM, 2015 Tommy Suprapto, Pengantar Teori Komunikasi, Yogyakarta: Media Pressindo, 2006. Wibowo, Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007. |
|
Publisher |
Program Studi PGMI STAI Diponegoro
|
|
Date |
2019-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/3907
|
|
Source |
AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 7 No. 2 (2019): Jurnal Al Ibtida'; 24-45
2337-7461 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/3907/2904
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
|