Record Details

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL

AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL
 
Creator cholis, nur
 
Description Berpikir kreatif merupakan gejala jiwa yang dapat menetapkan hubungan-hubungan antara ketahuan-ketahuan kita. Selama kita berpikir, pikiran kita mengadakan tanya jawab antara pikiran kita, untuk dapat meletakkan hubungan-hubungan antara ketahuan kita dengan tepat. Ada macam-macam bentuk berpikir, salah satu bentuk berpikir adalah berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu point penting dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Agar pembelajaran berlangsung dengan baik, maka perlu diketahui gaya belajar masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaiakn soal matematika. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas dasar dan  guru  matematika.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  analisis data  kualitatif  dengan  langkah-langkah  reduksi  data,  penyajian  data,  dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dapat mencapai tingkat kreatif yaitu tingkat kemampuan berpikir kreatif 3 (TKBK 3) yang memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan dan fleksibilitas.
 
Publisher Program Studi PGMI STAI Diponegoro
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/3818
 
Source AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 7 No. 2 (2019): Jurnal Al Ibtida'; 1-23
2337-7461
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/3818/2863
 
Rights Copyright (c) 2019 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah