Record Details

Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa

AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa
 
Creator Sultonurohmah, Nina
 
Description Tujuan penelitian ini, Pertama, mendeskripsikan perilaku jujur dan disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu. Kedua, Mendeskripsikan strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan wali murid. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa temuan dalam strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa. (1) Adapun strategi penanaman nilai karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar: pembiasaan rutin, keteladanan atau contoh, pengkondisian lingkungan, dan melalui manajemen pengelolaan kelas yang meliputi membuat peraturan yang disepakti antar guru dan siswa dan pemberian “pin” guru dan siswa yang disiplin. (2) Adapun strategi penanaman nilai karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu Bandung: pembiasaan rutin, keteladanan atau contoh, pengkondisian lingkungan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwasannya: perilaku jujur dan disiplin siswa merupakan kegiatan sehari-hari di sekolah dan di rumah. Melalui strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu Bandung, kegiatan tersebut menjadi kebiasaan rutin siswa, dan dengan didukung lingkungan sekolah yang mendukung, maka perilaku jujur dan disiplin dapat terwujud.
Kata Kunci: Strategi, penanaman nilai karakter, jujur dan disiplin
 
Publisher Program Studi PGMI STAI Diponegoro
 
Date 2017-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/3318
 
Source AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 5 No. 2 (2017): Jurnal Al Ibtida'; 1-21
2337-7461
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/3318/2482
 
Rights Copyright (c) 2017 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah