Record Details

Pola Dan Keragaman Pendidikan Islam: Kajian Tentang Pesantren Dan Ruang Lingkupnya

AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pola Dan Keragaman Pendidikan Islam: Kajian Tentang Pesantren Dan Ruang Lingkupnya
 
Creator dalhari, dalhari
 
Description Ada pendapat yang menyatakan bahwa pesantren berakar dari tradisi Islam sendiri yaitu tradisi tarikat. Pesantren mempunyai kaitan yang erat dengan tempat pendidikan yang khas bagi kaum sufi. Pendapat ini berdasarkan fakta bahwa waktu awal abad pertama sejarah masuknya Islam ke Indonesia lebih banyak di kenal dalam bentuk kegiatan tarikat. Hal ini ditandai dengan terbentuknya kelompok-kelompok organisasi tarikat yang melaksanakan amalan-amalan zikir dan wirid. Pimpinan tarikat yang disebut kyai, yang mewajibkan pengikut-pengikutnya untuk melaksanakan suluk. Untuk keperluan suluk ini, para kyai menyediakan ruangan-ruangan khusus untuk penginapan dan tempat masak yang terletak di kanan kiri masjid. Disamping mengajarkan amalan-amalan tarekat, para pengikut itu juga diajarkan kitab-kitab agama dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan ilmu agama Islam. Aktivitas yang dilakukan oleh para pengikut tarekat ini kemudian dinamakan pengajian. Dalam perkembangan selanjutnya lembaga pengajian ini tumbuh dan berkembang menjadi lembaga pesantren.dengan demikian, pesantren pada masa itu berperan sebagai pusat pengajaran dan pendidikan Islam dan sekaligus pusat penyebaran agama Islam.
 
Publisher Program Studi PGMI STAI Diponegoro
 
Date 2016-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/2986
 
Source AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol. 4 No. 2 (2016): Jurnal Al Ibtida'; 1-29
2337-7461
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/2986/2199
 
Rights Copyright (c) 2016 AL IBTIDA' : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Dasar Islam