Record Details

Filsafat Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Khaldun Dan Ikhwan Shafa

Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Filsafat Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Khaldun Dan Ikhwan Shafa
 
Creator Mukhlas, Abdullah Arif
 
Description Melalui pendidikan, potensi yang terdapat dalam diri manusia akan diasah dan diperdayakan intelektualitasnya. Melalui konsep pendidikan yang beragam rumusannya dalam pemikiran para cendikiawan baik cendikiawan muslim maupun non muslim, diharapkan tumbuh generasi-generasi penerus yang berkarakter Islami. Meskipun dalam teori tentang pembentukan karakter manusia juga terdapat rumusan yang berbeda. Benarkah manusia lahir bagaikan selembar kertas putih yang akan terisi dengan goresan-goresan materi pendidikan yang akan membentuk karakter kepribadiannya. Ataukah manusia lahir dalam pola karakter yang sudah terbentuk, sehingga pendidikan hanya memupuk kesuburan modal karakter yang sudah ada. Lantas bagaimana dengan pemikiran Ibnu Khaldun dan Ikhwan Shafa dalam merumuskan pendidikan pembentukan karakter. Dua pemikir ini mempunyai pola pemikiran yang berbeda, namun ada titik persamaan dalam dasar teori yang ditemukan.
 
Publisher LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Al Azhar
 
Date 2019-11-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/47
10.37812/fikroh.v9i1.47
 
Source Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; Vol 9 No 1 (2016): Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; 58-68
2715-4459
2087-7501
10.37812/fikroh.v9i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/47/45