Record Details

Problematika Dan Tantangan Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Informasi

Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Problematika Dan Tantangan Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Informasi
 
Creator Suparno, Suparno
 
Description Penelitian ini bertujuan menganalisis masalah yang dihadapi oleh pondok-pondok pesantren yang ada di Gresik dan peran aktif mereka berpartisipasi dalam pelaksanaan tujuan pendidikan nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Jumlah partisipan dalam penelitian ini meliputi Pengasuh /pimpinan pondok  pesantren, guru/ustadz Pengajar, dan pengelola yang bekerja di basis pendidikan islam tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan teknik diskusi kelompok. Hasil observasi disajikan secara deskriptif. Analisis data hasil wawancara dimulai dengan mentranskrip hasil, melakukan pengecekan ulang, menghilangkan bagian yang tidak diperlukan, dan mengodifikasi hasil untuk dijadikan tema-tema. Data hasil diskusi kelompok disajikan untuk memperkuat data hasil wawancara, dikodifikasi, dan dianalisis. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika yaitu kurangnya tenaga pengajar yang berkualitas, metode pengajaran yang masih bersifat tradisional dan belum banyak variasi, kebijakan kurikulum yang berubah- ubah, fasilitas pendidikan yang belum memadai, dan keuangan pesantren yang belum dapat mencukupi.
 
Publisher LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Al Azhar
 
Date 2019-11-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/35
10.37812/fikroh.v11i1.35
 
Source Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; Vol 11 No 1 (2018): Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; 79-90
2715-4459
2087-7501
10.37812/fikroh.v11i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/35/33