Problematika Dan Tantangan Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Informasi
Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Problematika Dan Tantangan Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Informasi
|
|
Creator |
Suparno, Suparno
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan menganalisis masalah yang dihadapi oleh pondok-pondok pesantren yang ada di Gresik dan peran aktif mereka berpartisipasi dalam pelaksanaan tujuan pendidikan nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Jumlah partisipan dalam penelitian ini meliputi Pengasuh /pimpinan pondok pesantren, guru/ustadz Pengajar, dan pengelola yang bekerja di basis pendidikan islam tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan teknik diskusi kelompok. Hasil observasi disajikan secara deskriptif. Analisis data hasil wawancara dimulai dengan mentranskrip hasil, melakukan pengecekan ulang, menghilangkan bagian yang tidak diperlukan, dan mengodifikasi hasil untuk dijadikan tema-tema. Data hasil diskusi kelompok disajikan untuk memperkuat data hasil wawancara, dikodifikasi, dan dianalisis. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika yaitu kurangnya tenaga pengajar yang berkualitas, metode pengajaran yang masih bersifat tradisional dan belum banyak variasi, kebijakan kurikulum yang berubah- ubah, fasilitas pendidikan yang belum memadai, dan keuangan pesantren yang belum dapat mencukupi.
|
|
Publisher |
LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Al Azhar
|
|
Date |
2019-11-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/35
10.37812/fikroh.v11i1.35 |
|
Source |
Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; Vol 11 No 1 (2018): Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; 79-90
2715-4459 2087-7501 10.37812/fikroh.v11i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/35/33
|
|