Menegakkan Kode Etik Profesi Guru: Sebuah Pandangan Wawasan Filsafat Pendidikan
Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Menegakkan Kode Etik Profesi Guru: Sebuah Pandangan Wawasan Filsafat Pendidikan
|
|
Creator |
Mulyadi, Mulyadi
|
|
Description |
Apapun profesi seseorang perlu adanya standar yang mengikat agar pelaksanaan profesi tersebut dapat berjalan dengan baik, begitu juga dengan profesi guru. Tulisan ini ingin menjawab kegundahan para praktisi pendidikan yang merasa masih banyak oknum yang berlaku dan bertindak tidak sesuai dengan aturan. Oleh karena itu pemahaman dan penegakan kode etik profesi khususnya profesi guru menjadi sangat penting, sebab dengan memahami dan menegakkan kode etik profesi yang telah ditetapkan maka melakukan pekerjaan dan pengabdian akan merasa sangat senang. Penegakan kode etik ini juga perlu dilandasi dengan asas-asas yang membangun antara lain: Asas Tut Wuri Handayani, asas keadilan, asas kekeluargaan, asas komunikasi, dan asas keguruan. Asas-asas tersebut sesuai dengan filsafat pendidikan yang telah digagas oleh para filosof pendidikan.
|
|
Publisher |
LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Al Azhar
|
|
Date |
2019-11-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/31
10.37812/fikroh.v11i1.31 |
|
Source |
Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; Vol 11 No 1 (2018): Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; 1-11
2715-4459 2087-7501 10.37812/fikroh.v11i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/31/29
|
|