Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern
Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern
|
|
Creator |
Mulyadi, Mulyadi
|
|
Description |
Pendidikan Islam semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Banyak para pakar yang mendefinisikan dan bahkan mendesain ulang format pendidikan Islam khususnya pendidikan Islam modern seperti sekarang ini. Pendidikan Islam bukan hanya transfer of knowledge tetapi lebih merupakan pondasi keimanan dan kesalehan. Oleh karena itu, format pendidikan Islam yang bagaimanakah yang sesuai dengan kehidupan modern seperti sekarang. Melalui tulisan ini didapatkan bahwa Dalam menghadapi perubahan masyarakat modern, secara internal pendidikan Islam harus menyelesaikan persoalan dikotomi, tujuan dan fungsi lembaga pendidikan Islam, dan persolalan kurikulum atau materi yang sampai sekarang ini belum terselesaikan, Lembaga-lembaga pendidikan Islam perlu mendesain ulang fungsi pendidikan, dengan memilih model pendidikan yang relevan dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat, Pendidikan Islam didesain untuk dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan untuk bekerja lebih produktif, dan Pendidikan Islam harus mengembangkan kualitas pendidikannya agar memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang selalu berubah-berubah. Key Word: Pendidikan Islam, modernisasi, pengembangan pendidikan |
|
Publisher |
LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Al Azhar
|
|
Date |
2016-08-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/4
10.37812/fikroh.v8i2.4 |
|
Source |
Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; Vol 8 No 2 (2015): Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam; 138 – 151
2715-4459 2087-7501 10.37812/fikroh.v8i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/4/4
|
|