Record Details

Tipologi Guru dalam Pandangan Pendidikan Islam

FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tipologi Guru dalam Pandangan Pendidikan Islam
 
Creator Aisyah, Siti
 
Description ABSTRACT 
In principle, thenatureofteachersoreducators in Islam are not onlythosewhohave formal teacherqualificationsobtainedfromhighereducation. Butthemostimportantthingisthosewhohavecertainscientificcompetencesandcanmakeotherpeoplesmart in thecognitive, affective, andpsychomotordimensions. Cognitivemantrasmakestudentsintelligentintellectually, affectivedimensionsmakestudentshavepoliteattitudesandbehaviors, andpsychomotordimensionsmakestudentsskilled in carryingoutactivitieseffectivelyandefficiently, appropriately
 
ABSTRAK
Pada prinsipnya hakikat guru atau pendidik dalam Islam tidak hanya mereka yang mempunyai kualifikasi keguruan secara formal yang diperoleh dari bangku sekolah perguruan tinggi. Melainkan yang terpenting adalah mereka yang mempunyai kompetensi keilmuan tertentu dan dapat menjadikan orang lain pandai dalam matra kognitif, afektif, dan psikomotorik. Mantra kognitif menjadikan peserta didik cerdas intelektualnya, matra afektif menjadikan siswa mempunyai sikap dan perilaku yang sopan, dan matra psikomotorik menjadikan siswa terampil dalam melaksanakan aktivitas secara efektif dan efesien, scara tepat
 
Kata Kunci : Guru Dalam Pandangan Pendidikan Islam
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
 
Date 2021-06-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa/article/view/207
10.37812/fatawa.v1i2.207
 
Source FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 1 No 2 (2021): FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; 136-152
10.37812/fatawa.v1i2
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa/article/view/207/164
 
Rights Copyright (c) 2021 FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam