Tipologi Guru dalam Pandangan Pendidikan Islam
FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Tipologi Guru dalam Pandangan Pendidikan Islam
|
|
Creator |
Aisyah, Siti
|
|
Description |
ABSTRACT In principle, thenatureofteachersoreducators in Islam are not onlythosewhohave formal teacherqualificationsobtainedfromhighereducation. Butthemostimportantthingisthosewhohavecertainscientificcompetencesandcanmakeotherpeoplesmart in thecognitive, affective, andpsychomotordimensions. Cognitivemantrasmakestudentsintelligentintellectually, affectivedimensionsmakestudentshavepoliteattitudesandbehaviors, andpsychomotordimensionsmakestudentsskilled in carryingoutactivitieseffectivelyandefficiently, appropriately ABSTRAK Pada prinsipnya hakikat guru atau pendidik dalam Islam tidak hanya mereka yang mempunyai kualifikasi keguruan secara formal yang diperoleh dari bangku sekolah perguruan tinggi. Melainkan yang terpenting adalah mereka yang mempunyai kompetensi keilmuan tertentu dan dapat menjadikan orang lain pandai dalam matra kognitif, afektif, dan psikomotorik. Mantra kognitif menjadikan peserta didik cerdas intelektualnya, matra afektif menjadikan siswa mempunyai sikap dan perilaku yang sopan, dan matra psikomotorik menjadikan siswa terampil dalam melaksanakan aktivitas secara efektif dan efesien, scara tepat Kata Kunci : Guru Dalam Pandangan Pendidikan Islam |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam
|
|
Date |
2021-06-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa/article/view/207
10.37812/fatawa.v1i2.207 |
|
Source |
FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 1 No 2 (2021): FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; 136-152
10.37812/fatawa.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa/article/view/207/164
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
|
|