PENGEMBANGAN SEKOLAH DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN DUNIA USAHA DI SMK ASSA’ADAH GRESIK
Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN SEKOLAH DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN DUNIA USAHA DI SMK ASSA’ADAH GRESIK
|
|
Creator |
Maghfur, Moh
|
|
Subject |
Pengembangan sekolah, Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI)
|
|
Description |
Dilihat dari aspek pengelolaan sekolah sudah ada beberapa kerjasama yang dilkakukan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Yaitu dengan melaksanakan kerjasama dengan instansi yang lain untuk memperbarui sistem pendidikan yang masih bersifat monoton dan klasikal. Sehingga dengan adanya kerjasama dengan (DU/DI) akan tercipta suasana pendidikan yang berkualitas, yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) Peran-peran apa yang dilakukan kepala sekolah dalam melakukan kerjasama dengan (DU/DI) (b) Kerjasama apa saja yang dilakukan SMK Assa’adah dengan (DU/DI) (c) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kerjasama dengan (DU/DI). Penelitian ini mengunaan penelitian kualitatif dan mengunkan jenis penlitian ground theory, Lokasi Penelitian di SMK Assa’adah Bungah Gresik, sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data yang berasal dari (person) berupa orang, (place) berupa tempat dan, (paper) berupa symbol, teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian keabsahan data, Conclusing Drawing/Verivication. Pengecekan keabsahan temuan mengunakan teknik pengamatan, ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan, dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, mengunakan bahan referensi pengecekkan anggota. Hasil penelitian berupa pokok-pokok temuan: (1) Kerjasama yang dilakukan SMK Assa’adah dengan (DU/DI) adalah dalam bentuk Prakerin (Praktek Kerja Industri) dan Rekrutmen tenaga kerja. (2) Faktor pendukung kerjasama dengan (DU/DI) di SMK Assa’adah diantaranya, adanya kegigihan pemimpin, kegigihan tenaga kependidikan, adanya sarana dan prasaran yang mendukung dan kebijakan pemerintah yang mendukung. Faktor penghambat diantaranya: Sulit mencari (DU/DI) untuk diajak bekerjasama, adanya (DU/DI) yang tidak mau terkait dengan MoU dan (DU/DI) yang dibutuhkan tidak sesuai pembelajaran.
|
|
Publisher |
LPPM Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
|
|
Date |
2020-08-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3524
|
|
Source |
Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine); Vol. 6 No. 2 (2020): Agustus; 191-215
2721-3587 2528-2913 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3524/2518
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)
|
|