Record Details

STRATEGI PENINGKATAN PROFIT BISNIS MAHASISWA (Studi Kasus Kerjasama Akad Al-Qordh Pada Bisnis Start-Up)

Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PENINGKATAN PROFIT BISNIS MAHASISWA (Studi Kasus Kerjasama Akad Al-Qordh Pada Bisnis Start-Up)
 
Creator Rofiqoh, Siti Nur Indah
 
Description ABSTRAK Analisis strategi peningkatan profit bisnis penting untuk memberi stimulus bagi mahasiswa dalam memulai usaha atau bisnis start-up. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam pengambilan keputusan. Menggunakan tiga kriteria dan tiga alternatif yang dinilai oleh key person, merupakan tahapan pengambilan keputusan strategi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis prioritas strategi peningkatan profit bisnis menggunakan studi kasus kerjasama pemanfaatan dana al-qordh pada bisnis start-up mahasiswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan hasil bahwa kombinasi pilihan kriteria dan alternatif dalam strategi utama peningkatan profit bisnis start-up adalah praktik bisnis reseller dengan eigenvector 0,655. Adapun kriteria strategi peningkatan profit bisnis diprioritaskan pada variasi harga produk dengan skor eigenvector 0,665. KATA KUNCI: Profit, Bisnis Start-Up, Mahasiswa dan AHP ABSTRACT Analysis of strategies to increase business profit is important to provide a stimulus for students to start a business. This study uses Analytical Hierarchy Process (AHP) to make strategic decision. Use three criteria and three alternatives assessed by key persons are the stage of strategic decision making. The purpose of the research is to analyze the priority of the strategy of increasing business profit using a case study of Al-Qordh agreement in university. The conclusion of the study shows the combination result of criteria and alternatives in the main strategy of increasing the profit of the start-up business is reseller business practice with eigenvector score 0,655. The strategy criteria for increasing business profit are prioritzed on variations in product price with eigenvector score 0,665. KEY WORDS: Profit, Business Start-Up, University Student and AHP
 
Publisher LPPM Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
 
Date 2019-02-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3390
 
Source Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine); Vol. 5 No. 1 (2019): Februari; 63-79
2721-3587
2528-2913
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3390/2413
 
Rights Copyright (c) 2019 Qiema