Record Details

REGULASI PENDIDIKAN DINIYAH NON FORMAL

CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title REGULASI PENDIDIKAN DINIYAH NON FORMAL
 
Creator Saifudin, Ahmad
Zahrok, Afi Nuruz
 
Description Pesantren adalah  bagian dari pendidikan nasional yang keberadaannya telah ada jauh sebelum terciptanya kemerdekaan di indonesia,  dan bahkan merupakan lembaga pendidikan yang memiliki ciri khas, nilai-niali indigenousatau keaslian, maka madrasah diniyah adalah salah satu  Sistem Pendidikan informal nonformal yang lahir dari dalam pesantren tersebut,  diselenggarakan bagi warga masyarakat memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada pengasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional. sistem yang berlaku dalam pengajaran nasional, yang telah diatur dalam  undang-undang. pemerintah Republik Indonesia dengan Undang-Undangnya, padaNomor: 20 tahun 2003, tentang Sisitem Pendidikan Nasional, yang pada BabVI bahwa Jenjang, serta Jenis Pendidikan pada Pasal:13 dijelaskan pada ayat 1. menyatakan bahwa : Jalur pendidikan terdiri atas beberapa tingkat yaitu  pendidikan formal,juga  nonformal, serta  informal yang dapat saling melengkapi antara satu dengan yang lain dan memperkaya, Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam,  Bab III Pasal 45 ayat:1. Yang pada intinya  berbunyi bahwa Pendidikan diniyah non formal diselenggarakan dalam  sitem membelajaran dan atau bentuk madrasah diniyah takmiliyah. Sedangkan  prosedur pendirian pendidikan diniyah non formal (pengajian kitab, majelis ta’lim, TKQ, TPQ, TPA, Diniyah takmiliyah, dan lainnya yang sejenis) didasarkan pada PMA No 13 tahun 2014. Lembaga pendidikan nonformal ini telah berkembang di seluruh bumi nusantara sejak agama Islam masuk dan berkembang di bumi Indonesia, yang kemunculanya  secara alamiah melalui proses interaksi dan akulturasiyang berjalan secara halus, perlahan guna menjalin hubungan harmonis yang relevan dengan kebutuhan masyarakat sekitar
 
Publisher Assosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk
 
Date 2021-12-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/CERMIN/article/view/452
 
Source CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara; Vol 1 No 1 (2021): Nopember 2021; 11-15
2809-1264
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/CERMIN/article/view/452/286
 
Rights Copyright (c) 2021 CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0