Model Dan Organisasi Pengembangan Kurikulum
Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Model Dan Organisasi Pengembangan Kurikulum
|
|
Creator |
Hamdi, Mohamad Mustafid
|
|
Description |
Model pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh cara berpikir, sitem nilai (keagamaan, sosial, kebudayaan, moral dan politik), proses pengembangan, kebutuhan peserta didik, kebutuhan masyarakat maupun arah program Pendidikan. Aspek-aspek tersebutlah yang akan menjadi dasar pertimbangan terhadap pengembangan kurikulum. Model pengembangan kurikulum akan menjadi suatu alternatif prosedur untuk mendesain (design), menerapkan (implementation), dan mengevaluasi (evaluation) suatu kurikulum. Dari situ, model pengembangan kurikulum haruslah dapat memberi gambaran pada suatu proses sistem perencanaan pembelajaran yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan standar keberhasilan pendidikan. Organisasi kurikulum berkaitan dengan pengaturan bahan pelajaran, yang selanjutnya memiliki dampak terhadap masalah administrative pelaksanaan proses pembelajaran. Organisasi kurikulum bukan masalah manajerial lembaga pendidikan. Organisasi kurikulum merupakan pola atau desain bahan/ isi kurikulum yang tujuannnya untuk mempermudah siswa dalam mepelajari bahan pelajaran serta mempermudah siswa dalam melakukan kegiatan belajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. |
|
Publisher |
Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Darussalam
|
|
Date |
2021-10-08
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/401
|
|
Source |
Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 5 No 1 (2021); 65-84
2622-6162 2598-8514 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/401/261
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|