Record Details

Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan

Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan
 
Creator Saifudin, Ahmad
 
Description Ilmu pengetahuan adalah usaha yang dilakukan manusia dalam  membaca dinamika secara global tentang   gejala-gejala yang terjadi berdasarkan faktor empirik, proses engkulturasi yang dilakukan  secara konseptual radikal, sistematis universal. Sementara teknologi merupakan usaha manusia yang merupakan dampak pemanfaat ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan  dan kesejahteraan hidup manusia. hubungan tersebut ternyata berdampak pada  perkembangan dunia Ilmu pengetahuan dan Teknologi, berbicara tentang  ilmu pengetahuan selalu berhubungan  dengan perkembangan duni teknologi, begitu pula sebaliknya. Realita Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi mempunyai peran  ganda yaitu semakin lama semakin memilki pengaruh cepat, yang mampu merubah gaya dan peradaban hidup manusia, karena hasil dari suatu produk tidak terlepas dari peran dan ekistensi lembaga pendidikan yang dimana muatan kurikulum di tiap-tiap satuan pendidikan pun juga ikut mempengaruhi mutu sesuai dengan kebutuhan pasar pendidikan. Kepekaan outpun dari tiap-tiap satuan pendidikan akan terefleksi dalam kehidupan dimasyarakat. Keberadaan mereka sebagai dampak dari proses pengembangan kurikulum sekolah yang penerapanya membawa dapak luar biasa dalam merubah tatanan hidup manusia, baik dari aspek sosial dan budaya. Sebagai bentuk implementasi dari konsep atau ide-ide cemerlang dari seorang anak didik yang menjadi dasar dan alasan untuk menuju  tahap selanjutnya. Produk teknologi yang mampu dihasilkan, produk yang dihasikan dari tiap satuan pendidikan terkadang tidak dapat sepenuhnya dimanfaatkan  secara relevan terutama untuk proses serta  hasil pembelajaran yang maksimal, karena Teknologi dan informasi menitik beratkan  pada implentasi dan proses pengolahan data, seperti menerima, mentransmisi, meng aplute data serta menyimpan, mengambil dan  memanipulasi dalam bentuk tampilan dataa dengan pemanfaatana  perangkat  teknologi elektronika seperti komputer.
 
Publisher Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Darussalam
 
Date 2021-10-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/400
 
Source Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 5 No 1 (2021); 85-101
2622-6162
2598-8514
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/400/262
 
Rights Copyright (c) 2021 Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0