Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan
|
|
Creator |
Saifudin, Ahmad
|
|
Description |
Ilmu pengetahuan adalah usaha yang dilakukan manusia dalam membaca dinamika secara global tentang gejala-gejala yang terjadi berdasarkan faktor empirik, proses engkulturasi yang dilakukan secara konseptual radikal, sistematis universal. Sementara teknologi merupakan usaha manusia yang merupakan dampak pemanfaat ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia. hubungan tersebut ternyata berdampak pada perkembangan dunia Ilmu pengetahuan dan Teknologi, berbicara tentang ilmu pengetahuan selalu berhubungan dengan perkembangan duni teknologi, begitu pula sebaliknya. Realita Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi mempunyai peran ganda yaitu semakin lama semakin memilki pengaruh cepat, yang mampu merubah gaya dan peradaban hidup manusia, karena hasil dari suatu produk tidak terlepas dari peran dan ekistensi lembaga pendidikan yang dimana muatan kurikulum di tiap-tiap satuan pendidikan pun juga ikut mempengaruhi mutu sesuai dengan kebutuhan pasar pendidikan. Kepekaan outpun dari tiap-tiap satuan pendidikan akan terefleksi dalam kehidupan dimasyarakat. Keberadaan mereka sebagai dampak dari proses pengembangan kurikulum sekolah yang penerapanya membawa dapak luar biasa dalam merubah tatanan hidup manusia, baik dari aspek sosial dan budaya. Sebagai bentuk implementasi dari konsep atau ide-ide cemerlang dari seorang anak didik yang menjadi dasar dan alasan untuk menuju tahap selanjutnya. Produk teknologi yang mampu dihasilkan, produk yang dihasikan dari tiap satuan pendidikan terkadang tidak dapat sepenuhnya dimanfaatkan secara relevan terutama untuk proses serta hasil pembelajaran yang maksimal, karena Teknologi dan informasi menitik beratkan pada implentasi dan proses pengolahan data, seperti menerima, mentransmisi, meng aplute data serta menyimpan, mengambil dan memanipulasi dalam bentuk tampilan dataa dengan pemanfaatana perangkat teknologi elektronika seperti komputer.
|
|
Publisher |
Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Darussalam
|
|
Date |
2021-10-08
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/400
|
|
Source |
Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 5 No 1 (2021); 85-101
2622-6162 2598-8514 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/400/262
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|