Record Details

Keterampilan Dasar Utama Guru Dalam Pengajaran

Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Keterampilan Dasar Utama Guru Dalam Pengajaran
 
Creator Saifudin, Ahmad
 
Description Guru sebagai Pembimbing dalam belajar, sebagai dasar utama dalam belajar kurikulum  sebagai acuan dalam pelaksanaan pengajaran dalam kelas,  Kurikulum dapat dibedakan antara official atau written curriculum yang merupakan kurikulum resmi yang tertulis dan actual curriculum merupakan kurikulum nyata yang dilaksanakan oleh guru-guru. Kurikulum nyata merupakan implementasi  dari official curriculum di dalam kelas. Walau bagaimanapun bagusnya suatu kurikulum (official), hasilnya sangat bergantung pada apa yang telah dilakukan oleh guru di dalam kelas (Actual). Dengan demikian seorang guru memegang peran penting baik dalam penyusunan  maupun implementai kurikulum.[1]
Ada perbedaan kosep tentang peranan dan kedudukan guru, dalam pendidikan klasik, gruu berperan sebagai penerus dan penyampai ilmu, sedang dam konsep pendidikan masakini dalam era teknologi pendidikan guru adalah pelatih kemampuan dalam konsep interaksional guru berperan sebagai mitra belajar, sedang dalam konsep pendidikan pribadi guru lebih berperan sebagai pengarah, member motivasi dan pembimbing.
 Sedangkan cirri-ciri guru yang efektif adalah guru yang waspada secara professional, mereka yakin dan bisa membedakan antara nilai dan pekerjaan, tidak mudah tersinggung atas kritik dan saran terhadap profesinya, memilki jiwa seni dan nilai-nilai humanitas, dan selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan profesinya.[2]
 
[1]Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori Praktek, Rosdakarya-Bandung 1997
[2] Ondi Saondi, Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, Refika aditama, Bandung 2012
 
Publisher Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Darussalam
 
Date 2018-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/46
 
Source Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 2 No 1 (2018): October 2018; 39-47
2622-6162
2598-8514
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/46/36
 
Rights Copyright (c) 2018 Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0