OPTIMALISASI PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTs NEGERI 3 TUBAN
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
OPTIMALISASI PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTs NEGERI 3 TUBAN
|
|
Creator |
Muslimin
|
|
Subject |
Peran
Komite Sekolah MBS |
|
Description |
Penelitian ini mengkaji tentang optimalisasi peran komite sekolah dalam peningkatkan manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 3 Tuban. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui partisipasi komite dalam peningkatan manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 3 Tuban, 2) Mengetahui bentuk optimalisasi komite sekolah dalam meningkatkan manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 3 Tuban, 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peranan komite sekolah dalam partisipasi manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 3 Tuban.Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Managemen Berbasis Sekolah di MTs Negeri 3 Tuban dikatakan cukup baik, itu dapat dilihat dari segi input, proses, dan outputnya. Peran komite sekolah/madrasah dalam meningkatkan pelayanan di MTs Negeri 3 Tuban, meliputi: 1) sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency): Komite MTs Negeri 3 Tuban sebagai mitra kerja kepala sekolah telah memberikan pertimbangannya dalam setiap rencana dan program yang telah disusun oleh sekolah. 2) sebagai pendukung (supporting agency) peran komite sekolah sebagai badan pendukung bagi upaya peningkatan mutu pendidikan MTs Negeri 3 Tuban, dapat berupa dukungan finansial, tenaga, dan dukungan pikiran. Misalnya, komite ikut membantu dan menunjang sarana dan prasarana sekolah. 3) sebagai pengotrol (controlling agency) komite MTs Negeri 3 Tuban melakukan kontrol atau pengawasan pengambilan keputusan kepala sekolah atau perencanaan pendidikan di sekolah. 4) sebagai mediator (executive) komite sekolah sebagai penghubung atau mediator antara pemerintah, sekolah orang tua dan masyarakat memiliki arti, bahwa aspirasi orang tua dan masyarakat ataupun ada penyampaian sekolah terhadap orang tua siswa semuanya itu melalui komite sekolah.
|
|
Publisher |
Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
|
|
Date |
2021-12-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/181
10.51675/jt.v15i2.181 |
|
Source |
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 15 No 2 (2021): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 48-63
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 15 No 2 (2021): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 48-63 2745-7869 2338-1612 10.51675/jt.v15i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/181/162
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
|
|