KORELASI KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PRESTASI SISWA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII DI SMKN 2 MALANG
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KORELASI KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PRESTASI SISWA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII DI SMKN 2 MALANG
|
|
Creator |
Isnawati Nur Afifah Latif
Siti Nurjanah |
|
Subject |
kreatifitas guru
Pendidikan Agama Islam pengamalan agama prestasi belajar |
|
Description |
Pendidikan menjadi kunci peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia. Pendidikan Agama Islam menjadi bagian yang terintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat mengingat mayoritas penduduk penganut agama Islam. Fakta ini menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai faktor penting pembentuk kepribadian bangsa. Sekolah menjadi salah satu tempat diberikan Pendidikan agama Islam dengan dengan sistem terukur melalui kurikulum. Pencapaian keberhasilan pendidikan Agama Islam di sekolah dalam penelitian ini diukur dengan varibel Kreatifitas Guru (X1), Prestasi Belajar (X2), dan Pengamalan Agama siswa (Y1). Asumsi yang digunakan bahwa kreatifitas guru dan prestasi siswa akan memberi pengaruh terhadap pengamalan Agama Islam siswa di SMKN 2 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan skala Likert. Metode analisis menggunakan analisis korelasi dan regresi. Pengolahan data menggunakan software SPSS 25. Metode yang dipakai yaitu single (enter) dan bukan menggunakan metode stepwise. Uji hasil pengukuran dengan uji reabilitas dengan taraf nyata 5%. menggunakan koefisien aloha cronbach . Diperoleh nila F sebesar 3,546 dengan nilai signifikan 0,03 yang berarti varibel Kreatifitas Guru (X1), Prestasi Belajar (X2) memberi pengaruh signifikan terhadap Pengamalan Agama siswa (Y). Berlainan dengan hasil uji t sebesar 0,269 dengan nilai signifikan 0,012 menunjukkan Kreatifitas Guru (X1) dan Prestasi Belajar (X2) tidak memberi pengaruh signifikan terhadap Pengamalan Agama siswa (Y) SMKN 2 Malang.
|
|
Publisher |
Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
|
|
Date |
2020-12-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/96
10.51675/jt.v14i2.96 |
|
Source |
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 2 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 31-43
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 2 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 31-43 2745-7869 2338-1612 10.51675/jt.v14i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/96/91
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
|
|