Record Details

IMPLEMENTASI LOCAL WISDOM EDUCATION DALAM PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SOLUSI PENGUATAN KARAKTER PATRIOTISME GENERASI MILLENIAL

Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI LOCAL WISDOM EDUCATION DALAM PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SOLUSI PENGUATAN KARAKTER PATRIOTISME GENERASI MILLENIAL
 
Creator Nurul Hidayati Amanah
 
Subject Pendidikan Islam
Kearifan Lokal
Patriotisme
Generasi Millenial
 
Description Artikel ini membahas tentang impelementasi pendidikan Islam yang berbasis kearifan lokal sebagai solusi penguatan karakter generasi millenial. Generasi millenial merupakan generasi dengan usia 17- 36 tahun, akan tetapi dalam artikel ini penulis mengerucutkan pembahasan permasalahan yang dialami oleh generasi millenial yang masih dalam tahap menuntut ilmu, yakni sebagai siswa SMA, mahasiswa, maupun mahasantri pada pondok pesantren. Salah satu permasalahan yang dialami oleh generasi millenial saat ini ialah lunturnya nilai- nilai patriotisme yang diindikasikan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu adanya sumpah daulah Islamiyah yang diikrarkan mahasiswa suatu instansi pada tahun 2017. Agar fenomena tersebut tidak semakin meresahkan, pendidikan memiliki fungsi yang penting untuk mencegah hal tersebut tidak semakin meluas. Seperti yang telah kita ketahui, di Indonesia, banyak sekali jenis pendidikan, salah satunya yaitu pendidikan Islam. Salah satu cara untuk menguatkan nilai patriotisme pada generasi millenial yaitu dengan mengintegrasikan nilai identitas nasional dengan konsep pendidikan Islam dengan cara mengaplikasikan FGD (Focus group discussion) yang mirip dengan metode syawir, pembelajaran kreatifitas yang berbasis kearifan lokal, serta pembelajaran karakter berbasis kearifan lokal dan keagamaan.
 
Publisher Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
 
Date 2020-12-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/92
10.51675/jt.v14i2.92
 
Source Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 2 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 1-11
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 2 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 1-11
2745-7869
2338-1612
10.51675/jt.v14i2
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/92/84
 
Rights Copyright (c) 2020 Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam