Record Details

MARKETING PENDIDIKAN

Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MARKETING PENDIDIKAN
 
Creator Syamsul Arifin
 
Subject Marketing
Pendidikan
Manajemen Pendidikan
 
Description Marketing/pemasaran pendidikan, dari beberapa ahli memberikan pengertian setelah disimpulkan bahwa pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial, baik oleh individu atau kelompok, untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan penawaran, pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain. Dengan kata lain bahwa implementasi pemasaran dalam dunia pendidikan adalah menawarkan mutu layanan intelektual dan pembentukan watak secara menyeluruh. Hal itu karena pendidikan sifatnya lebih kompleks, yang dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab, hasil pendidikannya mengacu jauh ke depan, membina kehidupan warga negara, generasi penerus ilmuwan di kemudian hari. Dalam mengelola pendidikan, sebetulnya ada dua landasan filosofi yaitu landasan epistemologis,dimana lembaga pendidikan harus berusaha untuk mengerti dunia sekelilingnya, memikirkan sedalam-dalamnya masalah yang ada di masyarakat,   yang mana tujuan pendidikan tidak dapat dibelokkan oleh berbagai pertimbangan dan kebijakan, akan tetapi harus berpegang teguh pada kebenaran. Sedangkan landasan politik adalah memikirkan kehidupan praktis untuk tujuan masa depan bangsa karena masyarakat kita begitu kompleks sehingga banyak masalah pemerintahan, industri, pertanian, perbankan, tenaga kerja, bahan baku,sumber daya alam dan manusia, hubungan internasional, pendidikan, lingkungan , kesehatan dan sebagainyayang perlu untuk di pecahkan oleh tenaga ahli yang dicetak oleh lembaga pendidikan, dimana lulusan yang bermutu dihasilkan dalam proses pengajaran maksimal yang diolah oleh tenaga pendidik yang bermutu.
 
Publisher Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
 
Date 2020-06-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/75
10.51675/jt.v14i1.75
 
Source Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 112-123
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 112-123
2745-7869
2338-1612
10.51675/jt.v14i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/75/69
 
Rights Copyright (c) 2020 Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam