TRANSFORMASI NILAI PENDIDIKAN KEBERAGAMAAN PADA GENERASI MILENIAL
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
TRANSFORMASI NILAI PENDIDIKAN KEBERAGAMAAN PADA GENERASI MILENIAL
|
|
Creator |
Jamal Ghofir
Umam, Hibrul |
|
Subject |
Transformasi Nilai
Generasi Milenial Nilai Keberagamaan |
|
Description |
Keragaman dalam keberagamaan adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam konteks berbangsa dan bernegara. Keragaman yang hadir di sisi kehidupan sosial penting untuk dijaga. Terutama dalam hal memahami keragaman dalam generasi milenial. Generasi muda ini akan menjadi ujung tombak estafet kepemimpinan dalam mengawal peradaban di Nusantara ini. Oleh karena itu transformasi nilai pendidikan agama pada generasi melenial adalah suatu keharusan. Mahasiswa, Pelajar, Santri merupakan bagian dari komunitas kaum muda tersebut yang merupakan kelompok strategis perubah peradaban serta potensial sebagai pengemban misi profetis di masa yang akan datang, perlu kita perhatikan dengan seksama. Mereka jumlahnya sedikit akan tetapi sejarah telah mencatat bahwa perubahan yang ada di negeri ini dan dunia, berawal dari keberanian diri mereka untuk menghadapi tantangan dan kecerdasan intelektual mereka yang mendorong terwujudnya konsolidasi gerakan di manapun berada. Sebenarnya dalam perspektif dimensi agama, semua ajaran agama mengandung klaim kebenaran yang bersifat universal. Namun pada realitanya hal ini memungkinkan terjadi ambiguitas dalam interpretasi menurut tingkat pemahaman, penghayatan, dan moralitas-spiritualitas penganutnya, sehingga memunculkan potensi konflik antar umat beragama.
|
|
Publisher |
Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
|
|
Date |
2020-06-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/74
10.51675/jt.v14i1.74 |
|
Source |
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 92-111
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 92-111 2745-7869 2338-1612 10.51675/jt.v14i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/74/122
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
|
|