PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM BANGILAN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM BANGILAN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
Ana Achoita
Juwini Sri Susanti |
|
Subject |
Penguasaan Kosa Kata
Kemampuan Menulis Bahasa Arab |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pengaruh penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Assalam Bangilan Tuban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian percobaan (eksperimental research). Pada penelitian ini peneliti menggunakan pre-test dan post-test control grup disign (two grup disign) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata penguasaan kosa kata kelas eksperimen sebesar 65 yang artinya siswa cukup menguasai dengan baik kosa kata yang diberikan. Adapun rata-rata penguasaan kosa katalas kontrol sebesar 79 yang artinya kelas kontrol mengusai kosa kata dengan baik. Sedangkan rata-rata kemampuan menulis bahasa Arab kelas eksperimen sebesar 71 yang artinya siswa cukup mampu dalam menulis bahasa Arab dan rata-rata kemampuan menulis bahasa Arab kelas kontrol sebesar 76 yang artinya kelas kontrol mampu menulis bahasa Arab dengan baik. Hasil dari uji T pre and post test control grup design, diperoleh t hitung sebesar 2,313. Kemudian dibandingkan dengan t tabel sebesar 2,006 pada taraf signifkasi 5%. Hasil perbandingan tersebut menunjukkan t hitung (2,313) > t tabel (2,006), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis bahasa Arab kelas VIII MTs Assalam Bangilan Tuban.
|
|
Publisher |
Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
|
|
Date |
2020-06-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/70
10.51675/jt.v14i1.70 |
|
Source |
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 19-40
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 19-40 2745-7869 2338-1612 10.51675/jt.v14i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/70/65
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
|
|