Record Details

PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM BANGILAN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM BANGILAN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator Ana Achoita
Juwini Sri Susanti
 
Subject Penguasaan Kosa Kata
Kemampuan Menulis
Bahasa Arab
 
Description Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pengaruh penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Assalam Bangilan Tuban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian percobaan (eksperimental research). Pada penelitian ini peneliti menggunakan pre-test dan post-test control grup disign (two grup disign) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata penguasaan kosa kata  kelas eksperimen sebesar 65 yang artinya siswa cukup menguasai dengan baik kosa kata yang diberikan. Adapun rata-rata penguasaan kosa katalas kontrol sebesar 79 yang artinya kelas kontrol mengusai kosa kata dengan baik. Sedangkan rata-rata kemampuan menulis bahasa Arab kelas eksperimen sebesar 71 yang artinya siswa cukup mampu dalam menulis bahasa Arab dan rata-rata kemampuan menulis bahasa Arab kelas kontrol sebesar 76 yang artinya kelas kontrol mampu menulis bahasa Arab dengan baik. Hasil dari uji T pre and post test control grup design, diperoleh t hitung sebesar 2,313. Kemudian dibandingkan dengan t tabel sebesar 2,006 pada taraf signifkasi 5%. Hasil perbandingan tersebut menunjukkan t hitung (2,313) > t tabel (2,006), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara penguasaan kosa kata  terhadap keterampilan menulis bahasa Arab kelas VIII MTs Assalam Bangilan Tuban.
 
Publisher Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
 
Date 2020-06-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/70
10.51675/jt.v14i1.70
 
Source Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 19-40
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 19-40
2745-7869
2338-1612
10.51675/jt.v14i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/70/65
 
Rights Copyright (c) 2020 Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam