PERAN PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB
|
|
Creator |
Moh. Afif
|
|
Subject |
Pendidikan Perempuan
M. Quraish Shihab |
|
Description |
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Meningkatkan sumber daya kaum perempuan hanya bisa dilakukan dengan penyadaran bahwa mereka harus berpendidikan. Perempuan perlu diberikan kesempatan pendidikan yang sempurna tanpa ada lagi perbedaan pendidikan berdasarkan jenis kelamin. Perempuan memiliki peran yang sangat besar dalam berbagai lini kehidupan sehingga harus benar-benar di persiapkan dan di bekali dengan pendidikan. Namun melihat fakta sejarah bahwa pendidikan merupakan hal yang hanya layak bagi salah satu jenis kelamin manusia (laki-laki). Perlu diakui bahwa peran perempuan sampai hari ini belum teroptimalisasikan. penelitian ini tergolong library research (studi kepustakaan) dengan pendekatan filosofis. Data sekunder dan primer dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analitik, artinya menggambarkan seluruh teori tentang sejerah perempuan. Sedangkan analisis data yang dipakai adalah analisis tafsir. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah, Seluruh umat manusia adalah makhluk Tuhan yang satu, memiliki derajat yang sama, apapun latar belakang kulturnya, dan memiliki penghargaan yang sama yang harus dihormati dan dimuliakan. Maka, diskriminasi yang berlandaskan pada perbedaan jenis kelamin, warna kulit, kelas, ras, suku, agama tidak dibenarkan dalam islam. Hanya tingkat ketaqwaan kepada Allah yang menjadi ukuran perbedaan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Meningkatkan sumber daya kaum perempuan hanya bisa dilakukan dengan penyadaran bahwa mereka harus berpendidikan. Perempuan perlu diberikan kesempatan pendidikan yang sempurna tanpa ada lagi perbedaan pendidikan berdasarkan jenis kelamin. Perempuan memiliki peran yang sangat besar dalam berbagai lini kehidupan sehingga harus benar-benar di persiapkan dan di bekali dengan pendidikan. Namun melihat fakta sejarah bahwa pendidikan merupakan hal yang hanya layak bagi salah satu jenis kelamin manusia (laki-laki). Perlu diakui bahwa peran perempuan sampai hari ini belum teroptimalisasikan. penelitian ini tergolong library research (studi kepustakaan) dengan pendekatan filosofis. Data sekunder dan primer dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analitik, artinya menggambarkan seluruh teori tentang sejerah perempuan. Sedangkan analisis data yang dipakai adalah analisis tafsir. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah, Seluruh umat manusia adalah makhluk Tuhan yang satu, memiliki derajat yang sama, apapun latar belakang kulturnya, dan memiliki penghargaan yang sama yang harus dihormati dan dimuliakan. Maka, diskriminasi yang berlandaskan pada perbedaan jenis kelamin, warna kulit, kelas, ras, suku, agama tidak dibenarkan dalam islam. Hanya tingkat ketaqwaan kepada Allah yang menjadi ukuran perbedaan. |
|
Publisher |
Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
|
|
Date |
2020-02-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/60
10.51675/jt.v13i2.60 |
|
Source |
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 13 No 2 (2019): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 1-10
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 13 No 2 (2019): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 1-10 2745-7869 2338-1612 10.51675/jt.v13i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/60/55
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 JURNAL TADRIS
|
|