Record Details

PERAN PUBLIC RELATION DALAM PEMBENTUKAN BRANDING INSTITUTION PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA

Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN PUBLIC RELATION DALAM PEMBENTUKAN BRANDING INSTITUTION PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA
 
Creator Nurlaili Dina Hafni
Akhmad Zaini
 
Subject humas
branding
perguruan tinggi keagamaan Islam swasta
 
Description Branding sering diidentikkan dengan keberadaan sebuah institusi bisnis yang berorientasi profit. Namun dalam perkembangannya sudah banyak institusi non profit seperti organisasi pemerintah, LSM dan lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi merasa perlu melakukan upaya branding. Dalam upaya melakukan branding, humas sebagai sebuah unit kerja yang berada di lembaga perguruan tinggi juga sering mendukung upaya ini. Hal ini menandakan bahwa perguruan tinggi pun memiliki kesadaran bahwa branding dan keberadaan humas bukanlah sekedar trend namun didasari pada kebutuhan pentingnya sebuah identitas yang dapat menunjukkan eksistensi perguruan tinggi di mata masyarakat. Namun pesatnya pertumbuhan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta juga berdampak adanya persaingan dalam menarik calon mahasiswa. Untuk menarik calon mahasiswa ini perguruan tinggi keagamaan Islam swasta menggunakan cara-cara diantaranya dengan melakukan komunikasi yang intensif serta mengedepankan identitas perguruan tinggi agar lebih dikenal oleh masyarakat. Brand sebuah perguruan tinggi menjadi salah satu identitas institusi yang dikedepankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Penelitian ini akan melihat dari sudut pandang ilmu komunikasi yang menganalisis berbagai aspek yang dilakukan Humas dalam mendukung branding termasuk manajemen humas yang mengelolanya. Kesimpulan yang didapat adalah branding pada perguruan tinggi keagamaan Islam swasta perlu dilakukan dalam rangka memperkuat reputasi. Reputasi harus dibentuk melalui kinerja yang baik. Humas berperan dalam upaya branding tersebut.
Branding sering diidentikkan dengan keberadaan sebuah institusi bisnis yang berorientasi profit. Namun dalam perkembangannya sudah banyak institusi non profit seperti organisasi pemerintah, LSM dan lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi merasa perlu melakukan upaya branding. Dalam upaya melakukan branding, humas sebagai sebuah unit kerja yang berada di lembaga perguruan tinggi juga sering mendukung upaya ini. Hal ini menandakan bahwa perguruan tinggi pun memiliki kesadaran bahwa branding dan keberadaan humas bukanlah sekedar trend namun didasari pada kebutuhan pentingnya sebuah identitas yang dapat menunjukkan eksistensi perguruan tinggi di mata masyarakat. Namun pesatnya pertumbuhan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta juga berdampak adanya persaingan dalam menarik calon mahasiswa. Untuk menarik calon mahasiswa ini perguruan tinggi keagamaan Islam swasta menggunakan cara-cara diantaranya dengan melakukan komunikasi yang intensif serta mengedepankan identitas perguruan tinggi agar lebih dikenal oleh masyarakat. Brand sebuah perguruan tinggi menjadi salah satu identitas institusi yang dikedepankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Penelitian ini akan melihat dari sudut pandang ilmu komunikasi yang menganalisis berbagai aspek yang dilakukan Humas dalam mendukung branding termasuk manajemen humas yang mengelolanya. Kesimpulan yang didapat adalah branding pada perguruan tinggi keagamaan Islam swasta perlu dilakukan dalam rangka memperkuat reputasi. Reputasi harus dibentuk melalui kinerja yang baik. Humas berperan dalam upaya branding tersebut.
 
Publisher Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
 
Date 2019-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/58
10.51675/jt.v13i1.58
 
Source Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 13 No 1 (2019): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 67-77
Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; Vol 13 No 1 (2019): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam; 67-77
2745-7869
2338-1612
10.51675/jt.v13i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/58/50
 
Rights Copyright (c) 2019 JURNAL TADRIS