Record Details

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Masyarakat Di Era Revolusi Industri 4.0

Journal of Early Childhood and Character Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Masyarakat Di Era Revolusi Industri 4.0
 
Creator Hastuti, Windi
Ainuri, Ahmad Fahri Yahya
Muthohar, Sofa
 
Subject Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini; Pendidikan Berbasiss Masyarakat; Revolusi Industri 4.0;
 
Description Kemajuan teknologi dari masa ke masa secara akumulatif telah mendorong terjadinya revolusi industry. Hal ini menuntut dunia pendidikan untuk memperbaiki sistem mutu secara dinamis. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai muara awal era Revolusi Industri 4.0, harus mempersiapkan diri dengan strategi-strategi baru. Artikel ini bertujuan untuk menelaah lebih lanjut tentang PAUD di era Reformasi Industri 4.0. Metode penelitian menggunakan library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi pengembangan PAUD berbasis masyarakat yaitu: Pertama, hal yang dilakukan adalah menyatukan pemahaman masyarakat tentang Anak Usia Dini. Kedua, masyarakat dan pemerintah menyiapkan tenaga pendidikan (guru) dan kependidikan yang ideal-profesional serta mengupayakan serta mendorong (dari segi moril dan materiil) tenaga pendidikan untuk meng-upgrade kompetensi—khususnya dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0. Ketiga adalah masyarakat ikut serta dalam mendesain kurikulum yang akan diberikan kepada para siswa. Strategi keempat adalah supervisi dan evaluasi. 
 
Publisher FITK UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-10-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/9018
10.21580/joecce.v1i2.9018
 
Source Journal of Early Childhood and Character Education; Vol 1, No 2 (2021): Joecce; 135-152
2775-2046
2775-5444
10.21580/joecce.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/9018/pdf
10.21580/joecce.v1i2.9018.g3568
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Early Childhood and Character Education